blank
Prajurit TNI dari Koramil-16 bersama personel Polsek dan pejabat Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, tampil memimpin gerakan massal penghijauan di objek wisata alam Bukit Cumbri.(Dok.Pendim 0728 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sebanyak 2.500 bibit pohon beringin, ditanam untuk menghijaukan kawasan objek wisata alam di Bukit Cumbri di Dusun Sumber, Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri. Ini dilakukan sebagai upaya melakukan konservasi tanah, melestarikan alam dan lingkungannya.

Puncak Bukit Cumbri memiliki ketinggian + 638 Meter (M) Di atas Permukaan Laut (DPL). Lokasinya berada di tapal batas Kabupaten Ponorogo (Jatim)-Kabupaten Wonogiri (Jateng). Untuk mendaki ke Puncak Cumbri dapat ditempuh dari wilayah Kecamatan Sampung, Ponorogo, Jatim, dan dari wilayah Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jateng.

Dari puncak Cumbri, tersaji pemandangan alam yang indah. Bila cuaca cerah, terlihat Gunung Lawu menjulang tinggi di sisi barat laut. Di arah selatan, menghampar pemandangan alam luas berpagar Pegunungan Seribu. Di sisi timur, terhampar perbukitan yang bagai menyerupai punggung buaya.

Dari atas puncak Cumbri dapat menyaksikan sunrise di pagi hari dan sunset di saat senja tiba. Kalangan muda, biasa mendaki Cumbri di sore hari untuk melihat sunset. Mereka kemudian melakukan camping, untuk melihat sunrise di pagi keesokan harinya.

Danramil-19/Purwantoro, Kapten (Inf) Cris Budiriyanto, melalui Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Pelda Indra, menyatakan, hadir dalam gerakan penghijauan massal di kawasan objek wisata alam di Bukit Cumbri tersebut, Camat Purwantoro, Khamid Wijaya, Babinsa Biting Sertu Wardoyo, Anggota Polsek Purwantoro Aiptu Hary, Kepala Desa (Kades) Biting, Masianto.

Ketersediaan SDA

Juga melibatkan Kepala Dusun (Kadus) Sumber, Sourin, para Ketua RT dan Ketua RW se-Desa Biting, pemuda yang tergabung dalam Organisasi Karang Taruna, dan masyarakat Desa Biting, bersama Yayasan Mutiara Insan.

Babinsa Sertu Wardoyo, menyatakan, gerakan  penghijauan massal di objek wisata alam Cumbri ini, dimaksudkan juga sebagai salah satu cara menanggulangi dampak bencana alam tanah longsor, dan upaya menjaga potensi ketersediaan sumber daya air (SDA).

Gerakan massal penghijauan di kawasan Bukit Cumbri tersebut, seklaigus sebagai upaya mendukung program penghijauan yang dicanangkan Pemerintah maupun TNI AD. Sebagai Aparat Teritorial, para prajurit yang berdinas di Koramil-19 Purwantoro, terpanggil untuk tampil mendukung suksesnya penghijauan di Bukit Cumbri.

Melalui gerakan massal penghijauan tersebut, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri serta untuk menjaga potensi ketersediaan SDA.

Bambang Pur