blank
Ketua Umum Pertina Jateng, Kairul Anwar (kanan), memeriksa peralatan latihan tinju, bantuan dari KONI Jateng, bersama Ketua Harian Pertina Jateng, Sudarsono (kiri). Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Ketua Umum Pengprov Pertina Jateng, Kairul Anwar, menerima bantuan pengadaan peralatan baru dari KONI Jawa Tengah, dalam upayanya menunjang latihan dan prestasi para petinju pada even-even Nasional, termasuk PON 2024 Aceh-Sumut.

Bantuan peralatan berbagai macam jenis untuk latihan tinju ini diterima Kamis (5/1/2023), di Semarang. Kairul didampingi Wakil Ketua III Budi Martono, Ketua Harian Sudarsono dan Wakil Sekretaris Mochamad Zaenuri, memeriksa dan mengecek satu per satu bantuan itu.

Diakui KA, sapaan akrab Kairul Anwar, spek peralatan yang sebagian didatangkan dari Cina itu, sesuai dengan yang diharapkan dan dibutuhkan. Dia menyebut, peralatan sangat diperlukan, untuk mendukung kegiatan, seperti Kualifikasi PON maupun Porprov 2023 di Pati Raya.

BACA JUGA: Kapal Nelayan Terbalik di Pantai Logending, Dua Nelayan Selamat

Peralatan itu juga sebagai inventaris Pertina, untuk menggantikan peralatan lama yang sudah usang dan rusak.

”Boleh dikata, kami sedang nyicil persiapan melalui tersedianya peralatan baru yang lebih berkualitas, dan sesuai perkembangan zaman. Goal-nya tentu saja meningkatkan prestasi tinju amatir Jateng di kompetisi Tanah Air,” ungkapnya.

Sejumlah bantuan peralatan yang diterima Pertina itu meliputi, competition gloves, headguard, cover ring tinju, tali ring, bantal sudut ring, training gloves, punching pad, agility hurdle, agility ladder dan stick pad boxing.

BACA JUGA: Kakanwil Kemenkumham Jateng Lepas Sambut 3 Pejabat Kanwil

Sementara itu, Ketua Harian Pertina Jateng, Sudarsono menambahkan, peralatan baru secara psikologis akan membantu mengangkat motivasi para petinju. Dengan adanya peralatan baru ini, pihaknya akan berupaya menguatkan tradisi membawa pulang medali emas PON.

Setelah sukses meraih medali emas di PON Papua pada 2021 lalu, atau sejak puasa gelar sejak PON 1996 Jakarta, Jateng membidik prestasi yang lebih baik lagi di PON 2024 mendatang.

”Tekad kami, ada “emas plus” di PON nanti. Maka dari itu, kami menata segalanya lebih awal. Mulai dari peralatannya, penyiapan SDM petinju, dan pastinya pelatih,” ujar mantan petinju itu.

BACA JUGA: Kapolres Berikan SIM Gratis keTukang Ojek Stasiun KA Kebumen

Ditambahkan dia, program lain yang bakal intens dikembangkan yakni, pembinaan melalui pemassalan dan pembibitan, dengan mendorong kompetisi lebih marak. Adanya kompetisi, dimungkinkan bakal berdampak luas, karena menjadi acuan serta memicu kegiatan pembinaan di seluruh sasana yang ada di Jateng.

”Jika program kompetisi saja ora cetha (tidak jelas-red), mereka tentu saja berpikir latihan keras untuk apa,” ujar Wakil Ketua Umum V KONI Jateng itu.

Pada akhir Januari ini, lanjut dia, Pengprov Pertina juga akan menggelar Rakerprov di Kota Semarang, yang diikuti perwakilan Pengkab/Pengkot Pertina.

Agenda strategis yang bakal dibahas meliputi, penyiapan petinju yang dipersiapkan menghadapi Pra-PON termasuk penentuan pelaksanaan pelatda tinju, pemantapan gelaran Porprov Tinju, serta peningkatan kualitas SDM wasit/hakim dan pelatih.

Riyan