blank
Ilustrasi buah tin. Foto: Suara.com

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah tin dengan nama latin Ficus carica merupakan buah yang memiliki tekstur unik dan kaya nutrisi. Buah tin juga bisa dibilang istimewa karena nama buah ini disebutkan di dalam Al Quran, khususnya surat At Tin. Lalu, apa saja manfaat buah tin bagi kesehatan?

Buah tin banyak tumbuh di wilayah Timur Tengah. Buah ini banyak dijadikan sebagai pemanis alami setelah diolah menjadi beragam jenis makanan dan terkenal punya berbagai manfaat kesehatan.

Dilansir dari Healthline, buah tin mengandung beberapa nutrisi seperti karbohidrat, potasium, karbohidrat, kalium, tembaga, kalori, Vitamin B2 dan B6, Vitamin K, magnesium, serat, dan tiamin. Oleh karenanya, buah ini sangat cocok sebagai makanan harian karena dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Dapat Memperbaiki Sel yang Rusak, Lima Manfaat mengonsumsi Telur Puyuh bagi kesehatan

Lantas, apa saja manfaat buah tin untuk kesehatan tubuh? Apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah ini?

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Buah tin membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa saja menyebabkan penyakit stroke dan jantung. Hal ini karena buah tin kaya akan kalium yang mampu mengatasi masalah tersebut.

2. Mengurangi berat badan

Buah tin juga kaya serat. Kandungan serat dalam buah ini dapat membantu mengendalikan berat badan.

Menurut penelitian, serat dalam buah tin dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya merasa lebih kenyang dalam waktu lebih lama. Inilah mengapa buah tin sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Enggan Melakukan Donor Darah? Simak Lima Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

3. Menjaga kesehatan tulang

Kandungan kalsium, fosfor, dan magnesium dalam buah tin bermanfaat mampu menjaga kesehatan tulang. Bahkan, penelitian menyebutkan bahwa buah tin mengandung 3,2 kali lipat kalsium daripada buah-buahan pada umumnya.

4. Menjaga diri dari penyakit kronis

Buah tin mengandung antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolik yang bermanfaat untuk mengurangi dan mencegah diri dari berbagai macam penyakit kronis, antara lain katarak, diabetes, hingga penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan kulit

Selain menjaga diri dari penyakit kronis, kandungan antioksidan pada ekstrak buah tin juga baik untuk kesehatan sel kulit, mencegah kerusakan kolagen, dan dapat memperbaiki kerutan pada kulit wajah.

Baca Juga: Selain Dapat Menurunkan Tekanan Darah, Sembilan Manfaat Bunga Sepatu Bagi Kesehatan

Banyak produk kecantikan yang menggunakan buah tin sebagai salah satu komposisiEkstrak buah tin juga dapat mengatasi gejala dermatitis seperti kulit kering dan gatal.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Tak hanya mampu menurunkan berat badan, buah tin juga dapat mengatasi gangguan sistem pencernaan. Hal ini karena adanya serat yang membuat saluran pencernaan menjadi lebih sehat dan lancar.

Nah, itulah beberapa manfaat buah tin yang baik untuk kesehatan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Claudia