blank
Dr. H. Kukuh SA

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Program Studi Pascasarjana Magister Hukum Universitas Semarang akan mengggelar sejumlah kegiatan di tahun 2023.

Ketua Program Studi Magister Hukum Universitas Semarang, Dr. Drs. H. Kukuh SA, B.A., S.Sos., S.H., M.H., M.M mengatakan, pihakinya telah menyiapkan beberapa kegiatan, di antaranya kuliah umum, seminar, diskusi yang berkaitan dengan hukum. Selain itu juga MoU dengan lembaga perguruan tinggi dan instansi.

”Di tahun ini, saya sudah menyiapkan event yang akan diselenggarakan tahun ini di antaranya itu ada kuliah umum, seminar, diskusi dan MoU yang masing-masing akan dilakukan minimal dua kali. Dan event itu nantinya akan berkaitan dengan dunia hukum,” ungkap Kukuh.

Menurutnya, kuliah umum akan dilakukan setelah adanya penerimaan mahasiswa baru dan matrikulasi. Sedangkan untuk seminar serta diskusi hukum akan diadakan setelah diadakannya kuliah umum dan selama masa perkuliahan berlangsung.

Pada kegiatan yang akan diselenggarakan di waktu mendatang, katanya, topik dan isu terkini terkait hukum yang tengah menjadi pembicaraan di kalangan masyarakat akan diangkat menjadi tema pada setiap event. ”Nantinya akan mendatangkan pakar, guru besar maupun doktor atau pejabat yang berpengalaman di bidangnya,” ungkapnya.
Kukuh mengatakan, dalam waktu dekat akan ada Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu perguruan tinggi di Palembang, Sumatera Selatan.

”Dalam bulan Januari ini, kita akan melakukan MoU dengan salah satu perguruan tinggi di Palembang. Melalui MoU itu nantinya kita lanjut ke perjanjian kerja sama,” kata Kukuh.

Adapun audiens yang dituju yaitu dari kalangan mahasiswa, dosen dan masyarakat umum. Dia berharap, beberapa kegiatan yang akan diadakan dapat mengedukasi mahasiswa dan masyarakat. Selain itu juga mempromosikan USM kepada masyarakat.

”Untuk peserta yang dituju nantinya dari mahasiswa, dosen dan juga untuk umum. Seperti kemarin kita membuat pencerahan terkait pembuatan jurnal, yang ternyata penggemarnya cukup banyak, tidak hanya mahasiswa dan dosen USM, namun juga ada dari luar,” ungkapnya.

”Selain untuk mengedukasi, dengan diadakannya event atau kegiatan juga untuk menjalin silaturahmi, salah satunya itu waktu dulu ada kegiatan buka puasa bersama dan halalbihalal. Itu ada satu mahasiswa yang merupakan anggota polisi, dan di sana selain berkumpul juga berbagi cerita masing-masing. Lalu yang penting juga adalah memperkenalkan USM kepada masyarakat,” tandasnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, pihaknya akan menggelar seminar hukum pada Sabtu (14/1) mendatang, baik secara online melalui zoom meeting dan offline di Ruang Teleconference Lantai 8 Gedung Auditorium Prof.Muladi.S.H Universitas Semarang.

Muhaimin