blank
Warga terdampak banjir di Kabupaten Grobogan, menerima bantuan dari PKB. Foto: tw

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Masyarakat di sejumlah wilayah Kabupaten Grobogan, mengalami dampak banjir dari luapan Sungai Lusi, pada Minggu (1/1/2023) dinihari.

Banjir akibat luapan Sungai Lusi di Kabupaten Grobogan ini, menjadi keprihatinan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan mendorong Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melakukan percepatan normalisasi bantaran Sungai Lusi, dan percepatan bantuan rehab rumah bagi warga yang rentan terdampak banjir.

Wakil Ketua DPW PKB Jateng, Denny Septiviant, bersama jajaran pengurus DPC PKB Kabupaten Grobogan, bertemu dengan warga dan memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir di beberapa titik di Kabupaten Grobogan, Senin (2/1/2023).

BACA JUGA: Peringati HAB ke-77, Pj Bupati : Antisipasi Politik Identitas Menjelang Pemilu

Di lokasi banjir, Ketua DPC PKB Grobogan, Mustain, turut menggerakkan seluruh potensi yang ada, yakni pengurus DPC PKB, yang menjadi koordinator Dapil di wilayah terdampak, seperti Grobogan, Brati, Tawangharjo dan sebagian Gubug.

Dalam kesempatan itu, H Sukanto yang merupakan anggota FPKB DPRD Grobogan, mendapatkan tugas turun di wilayah Grobogan, Tawangharjo, Wirosari dan Ngaringan untuk memberikan bantuan terhadap warga yang terdampak banjir.

Sementara Hj Sri Murdiati, mendapatkan tugas untuk turun ke wilayah Kecamatan Purwodadi, Toroh dan Geyer. Dia meninjau kondisi warga yang terdampak banjir, sekaligus memberikan bantuan sembako kepada warga yang ada di Desa Kedungrejo, Karanganyar, dan Nglobar.

BACA JUGA: Pusat Data Center di Semarang Jadi yang Pertama di Indonesia

Sementara anggota DPRD Grobogan dari Fraksi PKB, H Nurwibowo, mendapatkan tugas meninjau dan membagikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak banjir di beberapa RT dan pondok pesantren di wilayah Gubug.

Mustain mengungkapkan, semua menjadi wujud kepedulian PKB terhadap konstituen. Hal itu juga sesuai dengan instruksi dari Ketua Umum PKB, Gus Muhaimin.

”ini merupakan wujud kepedulian PKB terhadap konstituen. Karena instruksi Ketua Umum kami, Gus Muhaimin, juga memerintahkan agar semua pengurus menjalankan Politik Kehadiran, yang manfaatnya untuk masyarakat,” ujar Mustain.

BACA JUGA: Mutasi Besar-Besaran di Perhutani Mantingan Tandai Awal 2023

Para warga yang merasakan manfaat bantuan dari DPC PKB Grobogan ini, menyampaikan apresiasi atas kepeduliannya pada warga terdampak. Salah satunya dari Ketua Ranting PKB Desa Kedungrejo, Naf’an. ”Terima kasih atas bantuan yang sangat kami harapkan ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Denny Septiviant menegaskan, konteks kedaruratan bencana banjir seperti saat pendataan dan koordinasi, menjadi hal yang sangat penting.

”Saya melihat peran relawan menjadi penting dalam konteks ini. Pendataan dan koordinasi berguna untuk memfokuskan bantuan. Maka relawan ini terutama yang tergabung dalam LPBI NU, Bagana dan Lazisnu. Terutama untuk mendata ponpes dan madin yang terdampak. Santri-santri jangan sampai tidak tersentuh bantuan,” pinta Denny.

Tya Widya