blank
Ganjar Pranowo (Gubernur Jateng). Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, terus berupaya agar warga di Kepulauan Karimunjawa, segera mendapat pasokan BBM. Salah satu ikhtiar yang dilakukan, Ganjar telah menghubungi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) yang baru saja dilantik, Laksamana TNI Muhammad Ali.

Pemprov Jateng memang berkomitmen untuk mencari jalan keluar, agar masyarakat di Karimunjawa segera mendapat suplai BBM dan bahan pokok.

”Hari ini saya sedang berikhtiar untuk bisa kirim BBM. Pertamina siap tapi kapalnya yang belum siap. Coba minta bantuan Angkatan Laut. Sudah WA Pak KSAL yang baru. Bisa tidak dengan kapal perang, kalau bisa dengan kapal perang, kita bawa tangki mobil yang dimasukkan ke kontainer gede,” kata Ganjar dalam keterangannya di Semarang, Sabtu (31/12/2022).

BACA JUGA: Diperkirakan Cuaca Ekstrem Akan Berlangsung Hingga Selasa

Sebelumnya, Ganjar mendampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, melepas KM Kelimutu berlayar ke Karimunjawa dari Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jumat (30/12/2022) pukul 21.00 WIB. Selain penumpang, kapal itu juga membawa bantuan logistik untuk warga di Karimunjawa.

Sebelum melepas, Muhadjir Effendy dan Ganjar menyapa para penumpang KM Kelimutu. Beberapa di antaranya adalah warga perantau, dan akan pulang ke Karimunjawa.

Interaksi Ganjar dan Muhadjir dengan penumpang terasa hangat. Salah satu dari mereka sempat mengeluhkan soal kelangkaan BBM di Karimunjawa, sejak 10 hari terakhir. ”Pak kirimin BBM segera. Sudah kosong sejak 10 sepuluh hari,” ujar seorang penumpang.

BACA JUGA: Manajemen SKK Migas Pantau Langsung Pergerakan Lifting Akhir Tahun 2022

”Oh iya, nanti dikirim. Dicarikan kapal dulu,” janji Ganjar.

Terkait kelangkaan BBM, Ganjar menyampaikan, sudah berkomunikasi dengan PT Pertamina. Pasokan belum bisa dikirimkan, karena butuh tempat dan kapal khusus untuk mengangkutnya.

”Kita lagi coba berikhtiar, agar nanti segera dikirim ke sana,” ujar Ganjar.

Riyan