blank
Ganjar saat mengecek kondisi banjir di wilayah Kaligawe. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wilayah Pantai Utara Jawa (Pantura), dilanda cuaca ekstrem sejak Jumat (30/12/2022) malam hingga Sabtu (31/12/2022) siang. Akibatnya, sejumlah wilayah di Jawa Tengah terkena banjir. Antara lain di Kota Semarang, Jepara, Pati, Kudus, Pekalongan, Batang hingga Pemalang.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, yang sejak Sabtu (31/12/2022) pagi meninjau beberapa titik banjir, telah berkomunikasi dengan Badan Meteorologi Klimatolog dan Geofisika, untuk membantu merekayasa cuaca.

”Kita coba minta, agar dilakukan rekayasa cuaca, diintervensi. Kemarin kita sudah sampaikan kondisi kedaruratan ini,” ujar Ganjar, seusai meninjau Stasiun Tawang Semarang.

BACA JUGA: Tak Ada Alasan, Segera Perbaiki Rumah Pompa Kali Sringin

Dari komunikasinya dengan BMKG itu, Ganjar mendapat informasi tambahan, cuaca seperti ini akan berlangsung hingga Selasa (3/1/2023) mendatang.

”Maka untuk masyarakat diimbau berhati-hati. Nanti kalau malam tahun baru melihat cuacanya tidak bagus, atau hujan deras, tidak usah keluar dulu,” pintanya.

Sementara dari pantauannya di Kota Semarang pada sore hari, banjir sudah berangsur surut. Seperti di Simpanglima dan sejumlah jalan protokol lainnya di Semarang. ”Tadi sampai sore lewat, lumayan banyak yang sudah kering,” katanya.

Selain memantau banjir di Kota Semarang, Ganjar juga terus mengimbau seluruh kepala daerah di wilayah lainnya, untuk tetap siaga.

Riyan