blank
ilustrasi cuaca ekstrim. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Cuaca yang sering berubah-ubah seperti saat ini memang membuat khawatir. Perubahan cuaca dari panas ekstrem ke hujan deras, mau tidak mau memaksa tubuh harus ekstra dalam menghadapi perubahannya. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem?

Dilansir dari Suara.com, banyak peneliti yang menemukan bahwa paparan cuaca ekstrem ternyata bisa berdampak buruk pada daya tahan tubuh manusia, lho! Makanya kita perlu tahu cara menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem

Hal tersebut bisa membuat tubuh kesulitan untuk melawan infeksi virus, terutama karena beberapa faktor seperti menurunnya jumlah vitamin D, menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah, suhu dingin yang dapat memperlemah imun, hingga penyempitan pembuluh darah.

Baca Juga: Selain Menjaga Kesehatan Mata, Enam Manfaat Sayuran Brokoli bagi Kesehatan Anak.

Ada beberapa cara menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup menjadi pilar utama kesehatan, sebab istirahat dapat menjaga tubuh tetap kuat. Selain itu, istirahat juga menjadi penopang sistem imunitas tubuh. Istirahat yang benar bisa dilakukan dengan tidur teratur setiap harinya.

2. Olahraga secara rutin

Jangan lupa lakukan olahraga secara rutin setiap harinya untuk menjaga imunitas tubuh. Setiap orang direkomendasikan untuk berolahraga selama 150 menit setiap minggu atau 30 menit setiap hari, lima kali dalam seminggu. Olahraga juga bisa dilakukan kapan saja, jadi jangan malas ya!

Baca Juga: Ramalan Zodiak Harian Capricorn 18 Desember 2022, Awas Musim Hujan Jaga Kesehatan

3. Minum air putih yang cukup

Asupan air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, air dapat melindungi tubuh dari dehidrasi. Selain itu, cairan juga memiliki peran penting dalam metabolisme.

4. Konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi

Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi dimulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Pilihlah menu makanan yang bernutrisi seimbang. Berikan prioritas pada makanan yang mengandung protein dan juga vitamin, karena itu sangat baik untuk imunitas tubuh.

Itulah cara menjaga kesehatan saat cuaca ekstrem yang perlu dilakukan. Di tengah cuaca ekstrem yang berlangsung dalam beberapa hari ini, penting juga untuk selalu mengelola stress.

Sebab, stres yang dibiarkan juga dapat menjadi kronis dan pintu masuk berbagai penyakit. Cobalah untuk melakukan sejumlah kegiatan yang dapat menghilangkan stres, meredakan emosi, serta menenangkan tubuh seperti melakukan hal-hal yang menyenangkan atau meditasi.

Claudia