blank
Sebanyak 22 desa di Kabupaten Boyolali, terima penghargaan dari Kementerian Desa PDTT. Foto: hms

BOYOLALI (SUARABARU.ID)– Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes), memberikan apresiasi kepada insan pemberdayaan desa. Pemberian apresiasi ini digelar di Ruang Merbabu, Kantor Bupati Boyolali, Rabu (28/12/2022), dihadiri secara langsung Bupati Boyolali, M Said Hidayat.

Kepala Dispermasdes Kabupaten Boyolali, Yulius Bagus Triyanto, menjelaskan, terdapat 22 desa di Kabupaten Boyolali, yang mendapatkan kenaikan kategori menjadi Desa Mandiri.

”Ada 22 desa yang mendapatkan kenaikan kategori desa, dan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa. Desa Mandiri merupakan kategori yang tertinggi,” kata Yulius dalam keterangannya.

BACA JUGA: Sinterklas Bagikan Kado Natal untuk Pengunjung Napi Lapas Semarang

Dijelaskan dia, Desa Mandiri merupakan predikat yang diberikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Predikat itu diperoleh dari Indeks Desa Membangun (IDM), yang merupakan indeks komposit, yang dibentuk dari Indeks Ketahanan Sosial, Indeks Ketahanan Ekonomi dan Indeks Ketahanan Ekologi atau Lingkungan.

Sebanyak 22 desa itu yakni, Desa Karanggeneng, Kiringan, Mudal dan Kebonbimo yang ada di Kecamatan Boyolali. Desa Bantengan, Sendang, Tegalsari dan Kebonan yang ada di Kecamatan Karanggede.

Lalu ada pula Desa Bade, Jaten, Klego, Tanjung, Sangge, Karangmojo, Banyuurip dan Sumberagung di Kecamatan Klego. Desa Simo dan Pelem di Kecamatan Simo. Desa Sindon, Donohudan, Ngesrep di Kecamatan Ngemplak. Serta Desa Butuh di Kecamatan Mojosongo.

BACA JUGA: Para Sopir Ekspedisi Lintas Provinsi Keluhkan Kondisi Jalan Cepu hingga Randublatung, Bergelombang dan Gelap

Selain itu, dalam acara itu juga diberikan penghargaan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik, yakni BUMDes Kemasan dari Kecamatan Sawit, BUMDes Cepogo (Kecamatan Cepogo) dan BUMDes Mudal (Kecamatan Boyolali). Adapula penghargaan kinerja terbaik yang diberikan kepada Desa Karanggeneng (Kecamatan Boyolali).

Penghargaan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat (DAPM) Penanganan Kemiskinan Terbaik terdapat di Kecamatan Karanggede, Selo dan Ampel. Kemudian penghargaan Kecamatan Pembina Terbaik diberikan kepada Kecamatan Boyolali, Karanggede dan Klego.

Selain menjadi Pembina Terbaik, Kecamatan Klego juga dinobatkan sebagai Kecamatan Pembina Terbaik I, sekaligus merupakan Kecamatan Kinerja Penyerapan Dana Desa Terbaik dilingkup wilayah kerja KPPN Klaten.

BACA JUGA: DJP Jateng II Serahkan Tersangka Pidana Pajak ke Kejaksaan Boyolali

Bupati Said juga memberikan apresiasinya, kepada desa-desa yang telah menerima penghargaan. Dia berharap, melalui penghargaan yang diraihnya itu, akan mampu memberikan motivasi dan dapat meningkatkan kinerja yang lebih baik ke depannya nanti.

”Selamat kepada desa-desa yang menerima penghargaan. Harapan kita, dengan apa yang terkelola dengan baik seperti ini, semoga dapat memberikan dampak positif dalam upaya kita bersama, membangun Kabupaten Boyolali yang lebih maju,” harapnya.

Riyan