blank
Solve Education bersama Pemkot Semarang (Dinas Pendidikan Kota) memberikan penghargaan kepada guru Bahasa Inggris Teladan Melek Teknologi tahun 2022. Foto: Dok/Solve Education

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Solve Education bersama Pemkot Semarang (Dinas Pendidikan Kota) memberikan penghargaan kepada guru Bahasa Inggris Teladan Melek Teknologi tahun 2022.

Penghargaan diberikan untuk memotivasi guru bahasa Inggris SMP agar lebih berani dan mampu memanfaatkan teknologi tepat guna berbasis game milik Solve Education.

Para guru dinilai dari kreatif mereka dalam memfasilitasi pembelajaran murid menggunakan solusi teknologi dari Solve Education, yaitu game belajar Dawn of Civilization.

Sebanyak 132 guru bahasa Inggris dari 74 SMP di Semarang aktif berpartisipasi dalam kompetisi yang berlangsung sejak sejak 18 Juli hingga 2 Desember, yang memperebutkan hadiah senilai Rp 40 juta yang disponsori Solve Education Foundation, Lenovo Foundation dan Work Together Foundation.

Diketahui, aplikasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis game Dawn of Civilization sudah terinstal pada fasilitas umum seperti lab komputer, di 110 sekolah menengah pertama di Semarang.

Sebanyak 12.075 tepatnya siswa-siswi SMP di Kota Semarang belajar dengan aktif di dalam program. Siswa yang meningkat level belajarnya diundang untuk mengikuti workshop bahasa Inggris untuk letihan berbicara dengan penutur bahasa Inggris Internasional melalui zoom. Sebanyak 17 penutur bahasa Inggris dari 11 negara hadir sebagai mentor belajar.

Sementara itu penghargaan diserahkan Plt. Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu disaksikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Suwarto, Ketua Yayasan Teknologi Untuk Indonesia, Talitha Amalia dan sejumlah perwakilan kepala sekolah pada Jumat (23/12/2022).

“Saya sangat mengapreasiasi dan bangga dengan Solve Education, karena setelah penandatangan MoU, programnya betul-betul terlaksana. Hasilnya jelas ada, dan programnya terlaksana. Semoga kedepannya program ini terus ditingkatkan dan akan berlanjut,” ujar Ita, sapaan akrab Plt. Walikota tersebut.

Ia berpesan agar program program penghargaan yang menitikberatkan terhadap kompetensi, harus dipertahankan.

Direktur Solve Education Foundation, Talitha Amalia menyatakan terimakasih kepada sponsor Lenovo Foundation Asia dan Pasifik dan Work Together Foundation Korea Selatan yang telah mendukung kesuksesan program ini.

“Kami mohon dukungan dari Dinas Pendidikan dan guru agar ke depannya hubungan kita menjadi jauh lebih erat lagi, dan program-program di masa datang bisa berdampak lebih besar,” tuturnya, Senin (26/12/2022).

Salah satu pemenang kompetisi, Juara 1, Sri Mulyani, guru SMP Negeri 5 Semarang menyatakan antusiasmenya atas kompetisi yang diadakan.

“Siswa-siswi saya antusiasmenya sangat luar biasa. Murid yang belajar menggunakan aplikasi Dawn of Civilization terpacu untuk belajar bahasa Ingggris, apalagi ada kompetisi berhadiahnya,” ucapnya.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 5 Semarang Aloysius Kristiyanto berharap, di tahun 2023 kegiatan sejenis tetap dilaksanakan.

“Karena kami yakin dengan penggunaan fasilitas digital yang telah tersedia, anak-anak akan semakin termotivasi untuk menguasai dan menggunakan bahasa Inggris,” pungkasnya.

Ning Suparningsih