blank
GOL PEMBUKA - Syahrian Abimanyu (kedua dari kanan) mengawali pesta gol Indonesia ke gawang Brunei. (foto: the-afc.com)

KUALA LUMPUR (SUARABARU.ID) – Timnas Indonesia sukses menggelontor Brunei Darussalam tujuh gol tanpa balas, pada matchday 2 Piala AFF 2022 Grup A, yang digelar di Stadion KLFA, Kuala Lumpur, Senin (26/12/2022) petang. Hasil ini membuat Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan mengemas 6 poin dan selisih gol plus 8.

Pada lainnya Thailand juga meraih kemenangan besar dengan menggulung Filipina 4-0 (2-0). Hasil ini membuat Thailand bertahan di puncak klasemen sementara Grup A dengan poin 6 sama halnya Indonesia, namun selisih gol mereka lebih baik, yaitu 9-0.

Penampilan kurang mengesankan pada matchday pertama melawan Kamboja, membuat Shin Tae-yong mengubah strategi permainan. Menghadapi tim yang relatif paling lemah di Grup A, pelatih asal Korea Selatan ini menerapkan pola 4-2-3-1 dengan varian 4-3-3. Dengan pola ini sejumlah pemain yang memiliki naluri menyerang bisa diturunkan seperti llija Spasojevic, Saddil Ramdani, Dendi Sulistyawan, Syahrian Abimanyu, Rachmat Irianto, Edo Febriansyah, Rizky Ridho, dan Hansamu Yama pada line up.

Di lain kubu, Brunei kembali menerapkan strategi bertahan dengan pola 4-4-2 varian 5-4-1. Mereka banyak menumpuk pemain di lini belakang, dan hanya melakukan serangan balik sesekali. Apalagi mereka harus kehilangan satu pemain setelah Alinur Jufri menerima 2 kartu kuning dalam waktu hanya 16 menit.

Situasi ini dimanfaatkan betul tim Garuda dengan membobol gawang Brunei saat laga berjalan 20 menit, melalui sepakan Syahrian Abimanyu. Empat menit sebelum jeda Dendi Sulistyawan menggandakan keunggulan menjadi 2-0, setelah pada menit ke-37 tendangan bebas Saddil Ramdani hanya membentur tiang. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua Indonesia makin meningkatkan intensitas serangan. Skuad Shin Tae-yong harus menang besar untuk mengantisipasi kemungkinan penentuan tim yang lolos harus berdasarkan head to head karena skor sama.

Hasilnya cukup efektif, sebanyak lima gol lahir pada babak ini, yaitu mealui Egy Maulana Vikri pada menit 59, Ilija Spasojevic 60′, Ramadhan Sananta 69′, Marc Klok 86′, dan Yakob Sayuri 90+2.

Hasil ini merupakan modal bagus bagi tim Garuda, sebelum menghadapi tim tangguh Thailand pada Kamis (29/12) mendatang. Sedangkan bagi Brunei, kekalahan tersebut membuat peluang mereka untuk lolos ke semifinal AFF 2022 sudah tertutup, dengan kemasukan total 16 gol.

blank

Susunan Pemain:
Brunei Darussalam (4-4-2): Haimie Nyaring; Alinur Raahimy, Wafi Aminuddin, Khairil Shahme, Hanif Amir (Yura Yunus 14′) Shafie Haji Effendi (Fakharazzi Hassan 46′); Naziruddin Haji, Haji Tarif, Hendra Azam (Azwan Ali Rahman 58′), Hakeme Yazid; Abdul Azizi (Haziq Kasyful 46′).

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam (Yakob Sayuri 63′), Rizky Ridho (Marc Klok 80′), Hansamu Yama, Edo Febriansyah; Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu; Saddil Ramdani; Egy Maulana (Witan Sulaeman 63′), Dendy Sulistyawan (M. Rafli 74′); Ilija Spasojevic (Ramadhan Sananta 63′).

Nur Muktiadi