blank
Para Bacaleg PKB Grobogan ikuti pelatihan bersama DPW PKB Jateng, di Hotel Kyriad Grandmaster, Purwodadi, Minggu (25/12/2022). Foto: tw

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB), Kabupaten Grobogan, mengadakan kegiatan Pendidikan Politik dan Pembekalan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Kegiatan yang diikuti 100 Bacaleg itu, dilaksanakan di Hotel Kyriad Grandmaster, Purwodadi, Minggu (25/12/2022).

Hadir dalam acara ini, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Denny Septiviant, dan Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jateng, Sarip Abdillah, yang juga turut sebagai pemateri.

Menurut Denny, PKB membuka diri oleh dan untuk siapa saja, yang ingin menjadi caleg dari semua golongan.

BACA JUGA: Forkompimda Jepara Tinjau Posko Pengamanan

”Pesan dari Ketua Umum DPP PKB, Gus Muhaimin, sudah jelas, Karena PKB ini lahir dan berkembang untuk semua golongan, maka PKB ini dikaryakan, dikuatkan, dikukuhkan, dibesarkan untuk semua golongan pula,” ujarnya.

Ditambahkan dia, siapa pun dapat mencalonkan dirinya, dengan syarat mampu menjaga kepercayaan masyarakat.

”Saya mengutip dawuh dari Gus Yusuf Chudlori, Ketua DPW PKB, bahwa di PKB ini kemampuan finansial bukan menjadi pertimbangan utama seseorang dapat di-caleg-kan. Asalkan dapat menjaga ideologi Ahlussunnah wal jamaah annahdliyyah, serta mampu menjaga amanah yang dititipkan oleh masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA: Hari Operasi Pembangkit Terbaik Sepanjang Sejarah, PLN Pastikan Kelistrikan Jelang Tahun Baru Aman

Denny juga menyampaikan, kerja-kerja partai sudah mulai dilakukan, supaya yang ditargetkan dapat tercapai. ”Kerja keras mulai dikebut, untuk memenangkan Pemilu 2024, baik itu pemilihan presiden, kepala daerah, dan legislatif,” lanjut dia.

Sementara itu, Sarif Abdillah berharap, Bacaleg mulai turun hadir di tengah-tengah rakyat. ”Bacaleg sudah seharusnya bermasyarakat, menyelami persoalan-persoalan yang ada di masyarakat, turut hadir di kegiatan yang melibatkan masyarakat, supaya masyarakat dapat merasakan manfaat adanya kehadiran Bacaleg,” tambah dia.

Sedangkan Ketua DPC PKB Grobogan, Mustain SAg, menyampaikan, kegiatan itu merupakan bagian dari rangkaian persiapan PKB dalam menyongsong Pemilu 2024. Diterangkan dia, pembekalan Bacaleg itu, bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Bacaleg PKB.

BACA JUGA: Guru TPQ Pembentuk Akhlak, Kesejahteraannya Harus Ditingkatkan

”Dari kegiatan ini, kita membangun rasa optimistis para kader, untuk memenangkan Pemilu Legislatif. Sekaligus memberikan pembekalan dalam pertarungan Pemilu 2024,” ucap Mustain.

Disebutkan juga, pada Pemilu Legislatif 2024, DPC PKB telah memiliki target raihan kenaikan jumlah kursi. DPC PKB Grobogan menargetkan 15 kursi, atau setidaknya 20 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). ”Sehingga, persiapan harus dilaksanakan dari sekarang,” terang Mustain.

Salah satu Bacaleg incumbent, Mansata Indah Maratona, mengungkapkan, kegiatan ini sangat bermanfaat baginya, karena memberi pemahaman terkait peta politik, peluang dan strategi pemenangan, khususnya bagi Bacaleg yang baru pertama kali mengikuti kontestasi.

”Kita sangat optimistis, jika PKB mampu memenuhi target 15 kursi di DPRD Grobogan pada Pemilu 2024 mendatang,” ujar Bacaleg dari Dapil Gabus, Kradenan, dan Pulokulon itu penuh keyakinan.

Tya Widya