blank
Penandatanganan prasasti oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Dr A Yuspahruddin saat meresmikan masjid dan poliklinik Rutan Kelas IIB Boyolali. Foto: Dok/Kanwil

BOYOLALI (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, Dr A Yuspahruddin meresmikan masjid dan poliklinik Rutan Kelas IIB Boyolali.

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong, penandatanganan prasasti dan pengguntingan rangkaian bunga.

Menurut Yuspahruddin, dua bangunan tersebut sangat penting dalam mengelola Rutan, khususnya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

“Karena fungsi kita adalah meningkatkan kualitas kepribadian dan kualitas kemandirian warga binaan,” tutur Yuspahruddin, Selasa (20/12/2022).

Diharapkan dengan dibangunnya masjid ini, warga binaan saat keluar (Rutan) nanti, kualitas kepribadian dan kualitas kemandiriannya semakin meningkat.

“Karena masjid sebagai sarana untuk beribadah dan sarana untuk belajar untuk meningkatkan kepribadian dan kemandirian,” imbuhnya.

Terkait poliklinik, menurut Kakanwil juga merupakan bagian dari tugas dan fungsi. “Fungsi perawatan kesehatan termasuk bagian dari tugas kita,” jelasnya.

“Dengan adanya poliklinik, kita harus lebih giat untuk memberikan pelayanan kesehatan. Harus lebih cepat, lebih tanggap,” sambungnya.

Kepala Rutan Boyolali, Agus Imam Taufik mengatakan, pada tahun 2022 Rutan Kelas IIB Boyolali mendapatkan anggaran APBN berupa belanja gedung dan bangunan sebesar Rp. 11.377.197.000.

Anggaran tersebut digunakan untuk membangun kantor teknis, poliklinik, masjid, sarana dan prasarana. Pelaksanaan pembangunan tersebut telah diselesaikan 100 % dan telah dilakukan Provisional Hand Over (PHO) tepat waktu pada tanggal 23 November 2022.

Ning Suparningsih