blank
Tim Brasil. (foto: espn.com)

(SUARABARU.ID) – Argentina tidak akan menduduki puncak Peringkat Dunia FIFA bulan ini — meski mengalahkan Prancis untuk memenangkan Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 1986.

Saingan Amerika Selatan, Brasil, telah memegang posisi Nomor 1 sejak Februari, ketika mereka menggulingkan Belgia di puncak. Namun meski Selecao gagal melewati babak perempat final, hasil Argentina belum cukup untuk menyalip mereka.

Brasil memenangkan tiga pertandingan di Piala Dunia, kalah dari Kamerun dan menderita kekalahan adu penalti di tangan Kroasia. Argentina, sementara itu, memenangkan empat pertandingan, kalah satu kali dari Arab Saudi dan dua kali menang melalui adu penalti — termasuk final pada Minggu saat mereka mengalahkan Prancis 4-2 melalui adu penalti.

Argentina memenangkan Copa America pada tahun 2021 dan sekarang menjadi juara dunia, tetapi itu tidak cukup untuk posisi No.1. Keberhasilan adu penalti bernilai poin peringkat jauh lebih sedikit daripada kemenangan waktu reguler. Jika Argentina atau Prancis memenangkan final dalam waktu 120 menit, mereka akan menjadi No. 1, tetapi adu penalti menjamin Brasil tidak dapat disalip.

Argentina dan Prancis masing-masing naik satu tempat ke posisi kedua dan ketiga, sementara Belgia turun dua tempat ke posisi keempat setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup. Inggris tetap di urutan kelima, dengan sesama perempat finalis Belanda naik dua tempat ke urutan keenam.

Kroasia yang menempati tempat ketiga di Piala Dunia peringkat mereka melejit ke 10 besar, naik lima tingkat dari posisi ke-12. Italia, yang gagal lolos ke Qatar, turun dua peringkat ke peringkat delapan. Portugal tidak berubah di peringkat kesembilan, dengan Spanyol turun tiga peringkat ke peringkat 10.

Tim lain yang melejit adalah Maroko dan Australia, yang sama-sama naik 11 peringkat. Kedua negara tampil luar biasa, dengan tempat keempat Maroko sekarang menjadi tim Afrika peringkat teratas di urutan ke-11 dan Australia, yang mencapai babak 16 besar, naik ke urutan ke-27. Ini bukan peringkat tertinggi Maroko, karena mereka berada di urutan ke-10 pada tahun 1998, tetapi baru-baru ini pada tahun 2015 mereka berada di peringkat ke-92.

Kamerun juga menikmati kenaikan besar dari 10 peringkat ke peringkat 33, berkat kemenangan mereka atas Brasil. Amerika Serikat mengambil alih sebagai tim peringkat teratas CONCACAF, naik tiga peringkat ke peringkat 13 saat Meksiko turun dua peringkat ke peringkat 15.

Kanada dan Qatar adalah penurunan terbesar, keduanya masing-masing turun 12 peringkat ke peringkat 53 dan 62. Wales merosot sembilan peringkat ke peringkat 28; Denmark turun delapan menjadi 18 dan Serbia turun delapan menjadi 29.

Berikut 20 Besar Peringkat FIFA Terbaru:
1. Brasil
2. Argentina
3. Prancis
4. Belgia
5. Inggris
6. Belanda
7. Kroasia
8. Italia
9. Portugis
10. Spanyol
11. Maroko
12. Swiss
13. Amerika
14. Jerman
15. Meksiko
16.Uruguay
17. Kolombia
18. Denmark
19. Senegal
20. Jepang

Nur Muktiadi