blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jepara, Dr. Edwin Tohaga, Sp.A., Sa btu (17/12/2022), melantik 52 anggota baru organisasi profesi tersebut. Pelantikan yang berlangsung di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara, juga diisi dengan character building dan pembekalan profesi.

“Sesuai pedoman tata laksana organisasi IDI, setiap dokter baru yang dinyatakan diterima sebagai anggota IDI, dilantik di tingkat IDI Cabang. Biasanya setahun dua kali. Tapi karena pandemi, anggota per tahun 2020 sampai saat ini, baru bisa menjalani pelantikan sekarang,” kata Dokter Edwin Tohaga.

blank
Ketua IDI Jepara dr. Edwin Tohaga

Menurutnya, sudah menjadi tugas pengurus IDI untuk membekali kode etik dan pengembangan profesi bagi anggota baru. Maka IDI Cabang Jepara rutin memberikan pendidikan berkelanjutan untuk dokter.

“Kami di jajaran pengurus harus memberikan pelatihan untuk meningkatkan kaspasitas dan kapabilitas anggota agar sesuai dengan kemajuan zaman, baik dari sisi etik maupun profesi. Selain itu, kemampuan medis dan komunikasi dokter memang harua selalu di-update sebagaimana amanat AD/ART organisasi,” tambahnya.

Hingga saat ini, IDI Cabang Jepara memiliki 383 anggota, 53 di antaranya merupakan dokter spesialis.

Dokter Edwin berharap, IDI menjadi rumah besar bagi para dokter untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dengan terus meningkatkan profesionalisme.

blank
Ketua panitia dr. Pujiono Basuki

Ketua panitia Dokter Pujiono Basuki mengatakan, anggota baru IDI Cabang Jepara per 2020 berjumlah 80 orang dengan 3 di antaranya dokter spesialis. “Tapi yang terkonfirmasi bisa mengikuti pelantikan dan pembekalan ini hanya 52 anggota,” katanya.

blank
Sesi character building

Selain sesi character building dengan narasumber Dr. Dhini Rama Dhania, S.Psi, M.Si terdapat 4 dokter setempat yang menjadi narasumber pembekalan. Mereka adalah dr. Triadi Kurniawan, Sp.P., dr. Triono Teguh Widodo, M.M., dr. Sukmawati Kangiden, dan dr. Aton Brillianto, M.M.

Aksal