Ilustrasi kue kering jagung. Foto: tangkapan layar Youtube.
Ilustrasi kue kering jagung. Foto: tangkapan layar Youtube.

SUARABARU.ID – Selain gandum dan padi, jagung (Zea mays ssp. mays) merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang penting bagi manusia.

Tanaman jagung termasuk ke dalam golongan
Spermatophyta, kelas Monocotyledone, ordo Graminae, dan familia Graminaceae serta genus Zea.

Ada banyak manfaat jagung, misalnya sebagai komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena. Karena penggunaannya, saat ini jagung telah menjadi komoditas perdagangan dunia.

Jagung dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:
1. Jagung komposit
Jagung komposit atau jagung lokal merupakan jenis jagung yang biasa ditanam oleh petani pada zaman dulu. Keunggulan jagung komposit adalah umurnya yang pendek, tahan hama penyakit, tidak menimbulkan ketergantungan, dan bisa ditanam berulang-ulang. Sementara kekurangan jenis jagung ini adalah kapasitas produksi rendah hanya sekitar 3-5 ton per hektar.

2. Jagung hibrida
Jagung hibrida merupakan jagung hasil pemuliaan dan penyilangan antara jagung induk jantan dan jagung induk betina sehingga menghasilkan jagung jenis baru yang memiliki sifat keunggulan dari kedua induknya. Keunggulannya adalah kapasitas produksinya tinggi, yakni sekitas 8-12 ton per hektar. Namun, harga jual jagung hibrida 20-40 kali lipat lebih mahal.

3. Jagung transgenik
Proses pembuatan jagung jenis ini dengan cara menyisipkan gen dari makhluk hidup atau non-makhluk hidup yang hasilnya nanti diharapkan bisa tahan penyakit, tahan lama dan tahan obat kimia sehingga jagung jenis ini menjadi tanaman super.

Pengolahan jagung paling banyak digunakan sebagai nasi jagung. Tetapi tahukah Anda bahwa jagung bisa digunakan sebagai bahan baku kue?

Pembuatan kue kering jagung tidak secara langsung diolah begitu saja, akan tetapi biji jagung dihaluskan terlebih dahulu menjadi tepung jagung. Proses penghalusan jagung kering dilakukan dengan metode blender. Setelah dirasa cukup halus, setelah itu diayak menggunakan mesh sebesar 30.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kue kering jagung antara lain margarin, tepung jagung halus, kuning telur, gula bubuk, minyak goreng, susu kental manis, dan tepung terigu.

Pembuatannya tidak jauh beda dengan pembuatan kue kering pada umumnya. Campur gula bubuk, margarin, tepung jagung halus dan susu kental manis. Aduk rata, lalu masukkan kuning telur sedikit demi sedikit. Setelah tercampur rata ambil adonan dan bentuk sesuai keingian lalu oven selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 120°C. Kue kering jagung pun siap dihidangkan.

Bhisma Aulia Rahman, mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang