Riyan Ardiansyah merayakan gol pertama PSIS di menit 20, usai menjebol gawang Persija, memanfaatkan umpan krosing dari Carlos Fortes. Foto: mopsis

SLEMAN (SUARABARU.ID)– Pelatih PSIS (Semarang), Ian Andrew Gillan, mengatakan, pihaknya bersyukur atas kemenangan timnya lawan Persija (Jakarta) dengan skor 2-0. Hasil ini dianggapnya sebagai kemenangan seluruh tim, yang telah bekerja keras untuk meraih poin penuh.

Pada Laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2022/2023, yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022) malam itu, dua gol PSIS yang bersarang ke gawang Andritany Ardhiyasa, dihasilkan Riyan Ardiansyah menit 20 dan gol bunuh diri bek Persija, Hamra Hehanussa (22).

Menurut Ian, anak-anak PSIS mampu tampil tanpa beban, sehingga bisa bermain lepas dengan hasil yang memuaskan. Penampilan Carlos Fortes usai sembuh dari cedera, memang belum maksimal. Namun kehadirannya di lapangan, membuat tim berjuluk Mahesa Jenar itu, tampil lebih bersemangat.

BACA JUGA: Polsek Selogiri Polres Wonogiri Melatih Siswa MAN Jadi Anggota PKS

”Ini kemenangan seluruh tim. Anak-anak sudah tampil maksimal, untuk meraih poin penuh. Kemenangan ini menjadi modal untuk laga-laga selanjutnya,” kata Ian dalam sesi jumpa pers usai laga.

Sedangkan Alie Sesay yang ikut mendampingi Ian menambahkan, hasil ini akan membuat timnya tampil lebih percaya diri lagi, menghadapi laga berikutnya. Kemenangan ini juga membuat timnya yakin bisa menembus papan atas klasemen BRI Liga 1.

”Persija sepertinya terkejut dengan permainan kita. Mereka tidak menduga kita akan berani tampil menyerang dan mencetak gol kemenangan,” imbuhnya.

BACA JUGA: Kepala Dusun ‘Sambat’ Banjir, Ini Jawaban Bupati Pacitan

Sayangnya, menjelang laga berakhir, satu pemain PSIS, Moh Bahril Fajar Faresa, harus menerima kartu merah, akibat pelanggaran keras yang dibuatnya. Sebelumnya, Fredyan Wahyu juga menerima kartu merah, saat jumpa Borneo FC.

Sementara itu, pelatih Persija, Thomas Doll, mengakui, timnya tidak tampil di level terbaiknya. Ia pun mengungkapkan faktor yang menyebabkan hal itu.

”Permasalahan utama Persija ada di sektor penyerangan. Selain itu, kami kehilangan banyak pemain. Pemain-pemain Timnas U-20 yang baru kembali pun, belum bisa memberikan permainan terbaiknya,” kata dia.

BACA JUGA: Deklarasi Lima Pilar STBM Desa Slogoretno Jatipurno Wonogiri

Komposisi pemain tim berjuluk Macan Kemayoran itu, sejatinya memang tidak lengkap. Hansamu Yama Pranata, Muhammad Ferarri, dan Syahrian Abimanyu tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) timnas proyeksi Piala AFF 2022. Sedangkan striker asing asal Ceko, Michael Krmencik, tidak bisa tampil karena tengah menjalani hukuman enam laga tidak bisa bermain.

”Ini bukan permainan terbaik bagi Persija. Banyak pemain absen, Krmencik pun kena sanksi. Jika pemain kami lengkap, Persija yakin akan tampil lebih baik,” ucap mantan pemain timnas Jerman ini.

Dengan kemenangan ini, PSIS sekarang mengoleksi 17 angka dari 13 laga, dan menempati peringkat 11 klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Sedangkan Persija tertahan di posisi kelima dengan 25 poin, dari jumlah laga yang sama.

Riyan