blank
Luka Modric, kapten tim Kroasia. (foto: espn.com)

(SUARABARU.ID) – Ada tempat di promenade Corniche di Doha di mana panitia penyelenggara Piala Dunia 2022 mencopot bendera setiap kali negara baru tidak bisa melanjutkan turnamen alias tersingkir.

Bendera Kroasia naik pada November 2021. Sementara bendera tim-tim tangguh seperti Jerman, Spanyol, Inggris, dan Brasil telah disingkirkan atas kegagalan mereka, dan bendera warna merah, putih, dan biru dari negara Balkan kecil dengan populasi yang mirip dengan negara bagian AS Oklahoma masih ada. .

Itu adalah yang keenam kali naik dan akan menjadi salah satu yang terakhir turun setelah Kroasia mencapai semifinal untuk Piala Dunia kedua berturut-turut. Jika di semifinal mengalahkan Argentina di Stadion Lusail pada Selasa malam (Rabu dinihari WIB) dan mereka akan mencapai final berturut-turut — pencapaian yang mengejutkan bagi negara yang baru mendeklarasikan kemerdekaannya 31 tahun lalu.

Tanyakan kepada para penggemar yang berjalan-jalan di Doha dengan mengenakan seragam kotak-kotak merah putih Kroasia, bagaimana hal itu mungkin terjadi dan sebagian besar, seperti Luka Milkovic, akan menjawab dengan cara yang sama. “Jujur, saya tidak tahu,” katanya sambil tersenyum. “Kami memiliki hati yang besar dan para pemain yang kami sukai bermain untuk Kroasia.”

Itu adalah tema konferensi pers setelah kemenangan adu penalti dramatis atas favorit Brasil di perempat final — yang kedelapan dari sembilan pertandingan sistem gugur terakhir mereka di turnamen besar yang membutuhkan setidaknya waktu tambahan. Kiper Dominik Livakovic ditanya bagaimana Kroasia berhasil bangkit dari ketertinggalan 1-0 dan tanpa tembakan tepat sasaran dalam 115 menit untuk akhirnya mengalahkan juara lima kali itu. “Kami adalah pejuang,” katanya. “Di Kroasia, kami dibesarkan sebagai pejuang.”

Bagi Milkovic, itu adalah mentalitas yang lahir dari sejarah pergolakan Kroasia. Dimasukkan sebagai republik ke dalam Yugoslavia Komunis setelah berakhirnya Perang Dunia II, Kroasia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1991. Ini memicu perang melawan tentara Yugoslavia yang dikuasai Serbia yang berlangsung hingga tahun 1995 dan selama itu ribuan orang tewas dan lebih banyak keluarga mengungsi.

“Kami memiliki hati dan kami berjuang, tapi itu bukan hanya untuk tim sepak bola, ini untuk semua orang,” kata Milkovic kepada ESPN. “Sejarah kami tidak mudah. Kami adalah pejuang sejak lahir, saya kira begitu.”

Itu adalah semangat yang telah diadopsi oleh tim nasional Kroasia sejak mereka secara resmi diakui oleh FIFA pada tahun 1992. Mereka tidak masuk Piala Dunia pada tahun 1994 tetapi lolos empat tahun kemudian dan finis ketiga, kalah tipis dari juara Prancis di semifinal. .

Penampilan Kroasia di babak empat besar di Qatar akan menjadi yang ketiga kalinya mereka mencapai tahap tersebut dalam 24 tahun terakhir. Singkatnya, itu adalah jumlah penampilan semifinal Piala Dunia yang sama dengan Brasil dalam periode yang sama dan lebih banyak dari Argentina, Italia, Spanyol, dan Inggris.

Dengan populasi 3,9 juta jiwa, Kroasia adalah negara terkecil keempat yang bermain di Piala Dunia ini di belakang tuan rumah Qatar, Wales, dan Uruguay, namun kemampuan tim untuk terus menghasilkan pemain yang mampu bersaing di pentas dunia tidak menunjukkan tanda-tanda melambat.

Pada tahun 1998, mereka dapat memanggil gelandang berbudaya Robert Prosinecki, yang bermain untuk Real Madrid dan Barcelona, dan Zvonimir Boban, yang menghabiskan 10 tahun di AC Milan. Striker Davor Suker, yang tiba di turnamen di Prancis setelah memenangkan Liga Champions bersama Real Madrid, memenangkan Sepatu Emas setelah mencetak enam gol dalam tujuh pertandingan.

Tongkat estafet kini telah diserahkan kepada Luka Modric, pemenang lima gelar Liga Champions selama 10 tahun di Real Madrid, yang kini berusia 37 tahun.

Lahir di Zadar, sebuah kota berpenduduk kurang dari 100.000 orang di Laut Adriatik, Modric dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia setelah Piala Dunia 2018, mengakhiri perjalanan panjang satu dekade di mana penghargaan Ballon d’Or telah dimenangkan oleh Lionel. Messi atau Cristiano Ronaldo. Tapi sementara Ronaldo telah berjuang di usia 37, Modric masih kuat pada usia yang sama, mendikte permainan dari lini tengah – posisi di mana Anda tidak bisa bersembunyi. Sementara banyak yang mungkin mengira 2018 akan menjadi kiprah internasionalnya, dia telah menyalakan Piala Dunia ini lagi dan jauh lebih dari sekadar pemain nomor 10 Kroasia.

“Luka Modric bukan hanya pemain sepak bola, dia adalah simbol negara kita,” kata Milkovic. “Saya pikir seseorang seperti dia terjadi sekali dalam kehidupan negara seperti Kroasia. Dia tidak melewatkan latihan apa pun, dia tidak melewatkan pertandingan apa pun. Dia adalah simbol Kroasia di seluruh dunia. Di mana pun di dunia dan Anda mengatakan Kroasia, orang-orang mengatakan ‘Luka Modric.'”

Dengan 160 caps untuk negaranya, Modric adalah tokoh utama tim Kroasia ini, tetapi perjalanan mereka di Qatar bukan hanya tarian terakhir untuk generasi yang menua. Ada pemain lain dari perjalanan ke final di Rusia 2018 termasuk Dejan Lovren dan Ivan Perisic, keduanya berusia 33 tahun, tetapi pelatih Zlatko Dalic juga berusaha memasukkan beberapa pemain muda ke dalam skuatnya.

Ivan Rakitic dan Mario Mandzukic, pemain kunci empat tahun lalu, telah diganti dengan pemain seperti Josko Gvardiol yang berusia 20 tahun, salah satu bek muda yang menonjol di turnamen. Bek tengah RB Leipzig tampil mengesankan melawan Brasil dan Kroasia akan membutuhkannya untuk bersinar lagi saat mereka bermain di semifinal melawan Argentina.

Argentina akan memulai sebagai favorit, seperti yang dilakukan Brasil di putaran terakhir, tetapi berbicara pada konferensi pers pada hari Minggu, bek kanan Josip Juranovic mengatakan bahwa Kroasia “tidak perlu takut.” Itu adalah sikap yang membuat mereka sangat berbahaya di Rusia 2018 dan akan menjadi perhatian Messi dan kawan-kawan.

Jika tidak ada yang lain, itu akan menjadi pertempuran yang tidak pernah mudah melawan bangsa pejuang.

Nur Muktiadi