Tamu undangan pernikahan Kaesang-Erina meminta foto bersama Panglima TNI Jenderal Andhika dan istri Diah Erwiany. Foto: Dok Iko

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Panglima TNI  Jendral TNI Andika Perkasa memimpin langsung pengamanan pelaksanaan kirab budaya ngundhuh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo yakni Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Jenderal TNI bintang empat di depan pintu gerbang Puro Mangkunegaran, Minggu (11/12), tempat pelaksanaan hajatan.

Pantauan Suarabaru .id mengungkapkan kehadiran Jendral TNI Andika Perkasa menjadikan masyarakat berusaha mendekat untuk bersalaman atau pun foto bersama. Dengan sabar dan santai, Panglima TNI bersama istrinya, Diah Erwiany, meladeni permintaan masyarakat.

“Antusiasme masyarakat Solo terhadap kirab budaya sangat bagus,” jelasnya kepada wartawan.

Jendral TNI Andika Perkasa membeberkan, pihaknya sebagai penangungjawab keamanan harus bisa menterjemahkan keinginan beliau yang punya hajat. Wujudnya yakni bagaimana caranya agar pelaksanaannya aman dan nyaman.Diakui rute Kirab yang akan dilalui presiden hampir sepanjang 1,8 kilometer.

Untuk keperluan itu  telah dilaksanakan perencanaan kemudian menggelarnya  dan kita lakukan cek  bila ada yang harus diperbaiki. Sekarang ini tinggal pelaksanaannya dan semoga semuanya berjalan lancar .

Pengamanan Kirab melibatkan sekitar 9.600 personel TNI . Jumlah tadi ditambah dari Polri dan institusi lain  diantaranya pemadam kebakaran, petugas rumah sakit dan ambulan  sehingga keseluruhannya mencapai 11.800 personel.