Pemain-pemain Maroko mengangkat pelatih Walid Regragui usai mengalahkan Portugal. (foto: espn.com)

(SUARABARU.ID) – Maroko membuat kejutan besar pada Piala Dunia 2022 ini. Tim asal Afrika tersebut melaju ke babak semifinal usai berhasil menaklukkan Portugal dengan skor tipis 1-0, pada babak perempat final di Stadion Al Thumama, Sabtu (10/12/22) malam WIB.

Meski hampir sepanjang pertandingan bermain bertahan, Hakim Ziyech dan kawan-kawan mampu mencetak gol pada menit ke-42. Berawal dari serangan Attiat-Allah yang mengirim umpan dari sayap kiri ke kotak penalti, Youssef En-Nesyri menyambut dengan tandukan keras ke gawang Portugal. Maroko memimpin 1-0.

Gol ini sempat dipermasalahkan pemain-pemain Portugal sesaat setelah wasit Facundo Tello dari Argentina meniup peluit tanda jeda, karena En-Nesyri dianggap menghalang-halangi pandangan kiper Diogo Costa, bahkan sempat ada ucapan, “Serahkan saja piala ke Argentina.”

Pemain Portugal Pepe memprotes wasit Facundo Tello yang mengesahkan gol Maroko. (foto: espn.com)

Portugal beberapa kali memperoleh peluang menyamakan kedudukan, namun berkat ketangguhan kiper Yassine Bounou dan keberuntungan karena membentur mistar, Maroko mampu mempertahankan kemenangan.

Maroko mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain, setelah pemain pengganti Walid Cheddira diusir wasit setelah mendapat kartu kuning kedua (kartu merah) atas pelanggaran yang dilakukannya pada awal injury time.

Susunan Pemain
Maroko: Bounou, Saiss (Dari 57′), Hakimi, El Yamiq, Attiat-Allah, Ziyech, Amrabat, Amallah (Cheddira 65′), Ounahi, Boufal (Jabrane 82′), El-Neysri (Benoun 65′)

Portugal: Diogo Costa, Pepe, Raphael Guerreiro (Cancelo 51′), Ruben Dias, Diogo Dalot (Ricardo Horta 79′), Otavio (Vitinha 69′), Ruben Neves (Ronaldo 52′), Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Goncalo Ramos (Leao 69′)

Prancis Melaju
Sementara itu pada pertandingan perempatfinal terakhir, Prancis meraih tiket ke semifinal usai menang 2-1 atas Inggris, dalam laga yang digelar di Al Bayt Stadium, Al Khor, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB.

Striker Prancis, Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Inggris. (foto: espn.com)

Prancis memimpin 1-0 pada menit ke-17 lewat gol Aurelien Tchouameni. Skor ini bertahan hingga waktu jeda. Inggris menyamakan kedudukan pada menit ke-52 melalui sepakan penalti Harry Kane. Namun Olivier Giroud kembali membuat Prancis unggul pada menit ke-78.

Inggris meraih peluang emas untuk menyamakan kedudukan melalui tendangan penalti pada menit ke-82. Namun kali ini sepakan Harry Kane melayang di atas mistar gawang Prancis. Kemenangan ini membawa sang juara bertahan ke semifinal, dan akan menghadapi Maroko.

Susunan Pemain:
Inggris: Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones (Grealish 90+8′), Harry Maguire, Luke Shaw; Jordan Henderson (Mount 79′), Declan Rice, Jude Bellingham; Bukayo Saka (Sterling 79′), Harry Kane, Phil Foden (Rashford 85′)

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Adrien Rabiot; Ousmane Dembele (Coman 80′), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

Nur Muktiadi