PERSAHABATAN - Sejumlah pengurus Pergatsi Jateng dan KONI Kota Tegal melakukan pertandingan persahabatan. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sebanyak 42 Club Cabang Olahraga (Cabor) Getball mengikuti turnamen Getball 2022 Jawa Tengah (Jateng) seri XIV di Stadion Yos Sudarso Jalan Melati Kota Tegal, Sabtu (10/12/2022).

Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Getball Seluruh Indonesi (Pergatsi) Jawa Tengah (Jateng) Periode 2022-2026, Eko Yunianto menyampaikan, kegiatan Getball Jawa Tengah (Jateng) seri XIV yang digelar Sabtu (10/12/2022) di Stadion Yos Sudarso Kota Tegal tadinya inisiasinya adalah kegiatan arisan dan sudah empat tahun berjalan.

“Hal itu dilakukan supaya tetap untuk mengasah atlet Getball kita untuk siap baik agenda rutin maupun yang sifatnya turnamen. Kegiatan ini merupakan kelanjutan Pra Porprov disambung dengan kejurnas di Candi Prambanan. Inilah kegiatan rutin kita, komunitas dan ada satu perkembangan yang menarik karena dilaksanakan di Kota Tegal, kami mengundang dari Cirebon Jawa Barat,” kata Eko.

Kegiatan tersebut juga dalam upaya mempersiapkan atlet Getball untuk menghadapi Porprov mendatang 2023 yang akan diselenggarkan di Pati Raya. dan 2024 mendatang dipersiapkan untuk PON di Sumatera Utara. “Tugas kami sebagai Pergatsi tentu harus mengembangkan dari sisi organisasi. Estafet terakhir sudah terbentuk 13 club’ yang relatif baru,” ujar Eko.

Di Jawa Tengah sendiri usia Cabor Getball sudah 11 tahun dan sudah terbentuk 15 club. Selanjutnya menyusul Kabupaten Gerobokan, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Brebes. Mudah-mudahan ke depan obsesi kami adalah terbentuk seluruh kabupaten/kota se-Jawa Tengah.

Dipilihanya kegiatan di Kota Tegal kata Eko karena sekitar wilayah Pekalongan Getball yang berkembang di Kota Tegal. Hal itu pasti akan mempengaruhi Wilayah sekitarnya dan pasti akan didorong terus.

Ketua KONI Kota Tegal, Supardi menyampaikan, dilaksanakannya kegiatan Getball di Kota Tegal yang pasti disambut gembira KONI Kota Tegal, setidaknya membangkitkan gairah atlet Getball Kota Tegal. Harapannya juga dampak positif terhadap masyarakat untuk memperkenalkan Cabor Getball. “Semoga atlet Getball Kota Tegal di Porprov nanti bisa bawa piala. karena tujuh atlet Getball Kota Tegal telah lolos di Pra Porprov,” katanya.

“Cabor Getball terbentuk di Kota Tegal sejak 2000 namun karena mengalami kevakuman karena pengurus saat itu meninggal dunia. Dua tahun terakhir terbentuk kepengurusan baru dan prestasinya tidak diragukan lagi bisa lolos di Porprov meskipun dibilang Cabor Getball termasuk baru,” ungkap Supardi.

Supardi mengaku dari segi pembiayaan para atlet Getball Kota Tegal baik dari peralatan tryout itu mandiri. Hal itu Koni Kota Tegal bisa terbantu.

Sutrisno