blank
Permainan sepak bola api, tak ada mistisnya. Foto: Dok Masruri

blankSAAT ini sedang berlangsung perebutan Piala Dunia Sepak Bola di Qatar. Mereka pemain bola dunia yang sedang bertanding. Tetapi apakah mereka bisa melawan anak-anak Indonesia, yang mengugumuli dunia sepak bola api?

Nah, bagaimana tentang sepak bola api ini? Sebagian masyarakat kita menganggap permainan sepak bola api itu hanya mampu dilakukan mereka yang memiliki kemampuan supranatural. Karena itu, permainan ini hanya berkembang di pesantren tradisonal, padepokan dan lingkup perguruan tenaga dalam, atau komunitas yang yang mengajarkan olah supranatural.

Ketika perguruan Pencak Silat Nusa memperagakan kemampuannya bermain sepak bola api dan sempat ditayangkan di televisi, sepak bola api kemudian menjadi pembicaraan menarik. Beberapa perguruan saya hubungi, termasuk salah satunya adalah perguruan Alif Lam Ba, Magelang serta beberapa perguruan lain.

Baca juga Sulap di Negeri Arab Saudi

Bagi perguruan yang belum mengetahui teknik permainannya  saya beri bocoran tekniknya, sehingga pada H lima perguruan beladiri tenaga dalam ambil bagian. Perhatian warga sangat antusias, apalagi sebelumnya beritanya dimuat sebuah harian di Jawa-Tengah.

Tentu saja daya tarik dari even itu bukan hanya permainan bola apinya, melainkan upaya untuk mempertandingkannya. Kesan khalayak, pada event itu akan terjadi adu kesaktian. Sebagian warga yang menonton banyak yang bertanya tentang unsur magisnya.