blank

JEPARA (SUARABARU.ID)  – Walaupun hampir semua warga Jepara pernah menyanyikan atau paling tidak pernah mendengarkan lagu Mars Jepara, namun tak banyak yang mengenal siapa  pencipta mars ini. Padahal Mars Jepara  berdasarkan Keputusan Bupati Jepara No. 431/257 tahun 2013 telah ditetapkan sebagai Lagu Resmi Pemerintah Kabupaten Jepara. Dalam surat keputusan tersebut juga dilengkapi dengan partitur lagu yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan tersebut.

Pencipta Mars Jepara ini terdiri dari 3 orang yaitu aransemen  Kris Budianto, syair Pancasila Wati dan Hadi Priyanto. Mereka memenangi lomba cipta Mars Jepara yang di selenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara, menyisihkan puluhan peserta lainnya setelah melalui beberapa tahap penjurian.

blank
Kris Budianto

Peluncuran perdana Mars Jepara ini dilakukan pada upacara HUT Ke – 68 Kemerdekan RI tahun 2013 yang diselenggakan di halaman Kantor Bupati Jepara, 17 Agustus 2013 dan  juga diperkenalkan ke masyarakat pada Resepsi Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke – 68 di Pendapa Kabupaten Jepara , 18 Agustus 2013. Sedangkan yang membawakan pertama kali  adalah tim paduan suara Setda Jepara.

Mars Jepara sendiri muncul dari gagasan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. Saat melakukan kunjungan kerja bersama para kepala OPD di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat akhir tahun 2012 ternyata disambut dengan mars Kabupaten tersebut. Karena itu kemudian ia ingin Jepara memiliki lagu mars. Cara yang dipilih adalah dengan mengadakan lomba.

blank
Pancasila Wati

Proses penciptaan

Kris Budianto yang di Jepara dikenal sebagai seorang musisi senior  dan telah memenangi sejumlah kompetisi, tergerak untuk ikut dalam lomba cipta   mars untuk kota tercintanya. Ia ingin mempersembahkan karya terbaiknya untuk masyarakat Jepara.

Keinginan tersebut kemudian disampaikan kepada Pancasila Wati, seorang guru SDN Mulyoharjo 1 Jepara dan Hadi Priyanto  seorang penulis buku yang juga bekerja di Bagian Humas Setda Jepara. Akhirnya mereka sepakat untuk mengikuti lomba. Kris Budianto menyusun aransemen lengkap dengan notasinya. Sedangkan  Pancasila Wati dan  Hadi Priyanto menyusun syairnya.

“Saat meyusun syair itulah terjadi diskusi yang intens terkait dengan kekuatan apa yang secara kultural diterima masyarakat Jepara sebagai kebanggaan kolektif,” ujar Hadi Priyanto.

blank
Hadi Priyanto

Muncullah  nama RA Kartini.  Akhirnya kami sepakat RA Kartini sebagai kekuatan absolut  Jepara yang tidak dimiliki oleh daerah lain. “Sosok RA Kartini kita jadikan pemantik untuk meningkatkan kebanggaan dan kecintaan masyarakat terhadap daerah dan sekaligus untuk meningkatkan semangat masyarakat dalam membangun,” kenang Kris Budianto.

Namun kami sadar, ada juga peran besar Ratu Kalinyamat. “ Hanya saja sosok Ratu Kalinyamat dihadirkan dengan candra sengkala Trus Karya Tataning Bumi yang menandakan tahun pelantikan Retno Kencono sebagai penguasa Jepara dan sekaligus penanda awal puncak  kejayaan Jepara,” ujar Hadi Priyanto. Kami lantas sepakat mengkaitkan dengan potensi besar Jepara, seni ukir dan pariwisata, tambah Hadi.

Kini Mars Jepara telah menjadi bagian kultural dan kebanggaan  masyarakat Jepara. Juga menjadi Lagu Resmi Pemerintah Kabupaten Jepara yang wajib dinyanyikan pada acara-acara resmi. Semoga Mars Jepara tetap abadi dan menjadi sumber inspirasi bagi warga Jepara  untuk terus berkarya untuk bangsanya.

Indria Mustika