blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Keju merupakan salah satu olahan susu yang bisa dikonsumsi sebagai camilan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan lezat seperti kue kering atau minuman.

Akan tetapi, ada sebagian orang takut mengonsumsi keju ini karena kandungan lemak dan garam di dalamnya. Padahal apabila dikonsumsi dengan tepat keju dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Suara.com selain tak hanya lezat, keju juga bisa menjadi sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Adanya kandungan manfaat dalam keju ini tidak luput dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya yakni di antaranya karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesium, zinc, fosfor, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12.

Selain itu, keju juga mengandung omega-3, asam amino sistein, dan beragam jenis antioksidan, seperti riboflavin, beta karoten, dan glutathione. Seperti dirangkum dari Alodokter, berikut ini adalah 4 manfaat keju untuk kesehatan tubuh yang harus diketahui.

1. Baik untuk kesehatan gigi

Keju mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan gigi, tulang di mana dalam berbagai penelitian yang menunjukkan kalau keju bisa melindungi gigi dari risiko gigi berlubang.

Ada juga dalam penelitian yang menunjukkan apabila anak-anak yang mengonsumsi keju atau produk olahan susu ini bisa mengurangi risiko gigi berlubang.

2. Membuat saluran pencernaan sehat

Keju adalah salah satu jenis makanan yang diolah dengan cara fermentasi, sehingga keju bisa mengandung bakteri probiotik dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Meskipun demikian, mengonsumsi keju terlalu banyak juga bisa menyebabkan konstipasi dan beberapa orang yang rentan terhadap laktosa juga bisa mengalami masalah pencernaan seperti diare.

3. Bisa menurunkan tekanan darah

Keju juga bisa mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi karena adanya kandungan kalsium yang tinggi. Agar tekanan darah bisa turun, disarankan untuk memilih keju dengan rendah lemak dan garam seperti keju ricotta dan keju cottage.

4. Mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung

Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi keju atau yoghurt ini juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, seperti penyakit jantung dan stroke.

Walaupun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai efektivitas dan tingkat keamanan saat mengonsumsi keju dalam menjaga kesehatan jantung.

Claudia