Plt Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menghadiri Pembukaan Semarang Business Forum (Sembiz) ke-15 tahun 2022 di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (8/12/2022). Foto: HP

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kota Semarang kembali menggelar even tahunan Semarang Business Forum atau Sembiz. Adapun penyelenggaraan Sembiz tahun ini merupakan perhelatan yang ke-15 sejak pertama kali diadakan di tahun 2007.

Saat memberikan sambutan dan paparan, pelaksana tugas atau Plt. Wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menawarkan berbagai keunggulan yang dimiliki Kota Semarang kepada para investor yang akan menanamkan modal untuk pembangunan dan pengembangan kota.

Menurut perempuan yang akrab disapa mbak Ita tersebut, setidaknya ada tujuh keunggulan yang membuat Kota Semarang menjadi kota strategis dan penuh potensi bagi para investor.

Keunggulan tersebut seperti ibu kota Provinsi Jateng, jalur persimpangan ekonomi, memiliki beragam budaya, situasi masyarakatnya yang kondusif, sarana transportasi yang lengkap (bandara, pelabuhan, stasiun, jalan tol) hingga memiliki sembilan kawasan industri.

“Terdapat banyak kemudahan di Kota Semarang, seperti sekarang sudah ada Mall Pelayanan Publik (MPP) yang mempermudah perizinan. Kami juga selangkah lebih maju dengan membuat MPP digital. Ada banyak moda transportasi di Kota Semarang, kemarin juga baru diresmikan kereta Blambangan Express ini mempermudah untuk menuju ke ujung timur pulau Jawa,” katanya dalam acara Pembukaan Semarang Business Forum (Sembiz) ke-15 tahun 2022 di Hotel Patra Jasa Semarang, Kamis (8/12/2022).

Menurut Mbak Ita, infrastruktur dan kondisi jalan yang ada di tengah Kota Semarang sudah cukup mendukung aktivitas ekonomi di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut. Meski demikian, dirinya tak memungkiri banjir rob masih menjadi salah satu permasalahan utama.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengupayakan penanganan banjir rob seperti program pemasangan sheet pile sepanjang 1,3 km dan pembangunan kolam retensi untuk menampung air hujan sebelum dialirkan ke laut.