blank
ilustrasi olahraga pilates. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Olahraga jadi salah satu aktivitas yang dapat meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh. Untuk menjaga badan agar tetap fit tentu tidak bisa hanya dengan mengandalkan asupan makanan dan vitamin. Namun, harus diimbangi dengan aktivitas fisik ataupun olahraga.

Dilansir dari Suara.com, musim hujan yang tiba-tiba datang terkadang membuat banyak orang malas untuk beraktivitas. Padahal kita diharuskan untuk dapat tetap menjaga kesehatan agar tubuh tak mudah terserang penyakit.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa rekomendasi olahraga yang dapat dilakukan di rumah saat musim hujan:

Baca Juga: Empat Tips Merawat Motor Matic Agar Tidak Mogok di Jalan

1. Yoga dan Pilates

Yoga dan pilates meningkatkan keseimbangan, kelenturan badan, kekuatan otot, dan kesehatan tubuh dengan memadukan gerakan tubuh dan meditasi. Keselarasan pola gerakan pada yoga membuat tubuh fleksibel dan rileks.

Pilates sendiri dapat mengencangkan otot-otot tubuh, serta meningkatkan sirkulasi darah dan pernapasan. Gerakan yoga dan pilates juga bermanfaat untuk meredakan stres.

2. Treadmill

Bagi penggemar olahraga lari atau jogging, musim hujan menjadi salah satu kendala yang menghambat karena pada umumnya olahraga dilakukan di luar ruangan. Namun, saat cuaca sedang tidak memungkinkan, treadmill yang terdapat di rumah dapat menjadi solusi.

Baca Juga: Lima Rekomendasi Makanan yang Cocok Dikala Sakit Melanda

Fitur treadmill yang canggih sangat memudahkan dan membuat nyaman. Treadmill bermanfaat menurunkan berat badan, membentuk otot, meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stres, baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, dan meningkatkan fleksibilitas sendi apabila dilakukan secara rutin dan konsisten.

3. Senam aerobik

Senam aerobik pada umumnya menggunakan irama musik untuk mengiringi gerakan. Pola gerakannya dapat terpola ataupun tidak. Selain menyenangkan, senam ini bermanfaat untuk mengencangkan otot, menurunkan berat badan, serta meningkatkan kerja jantung dan paru-paru dalam mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Lompat tali

Olahraga lompat tali hanya perlu menyediakan tempat yang cukup luas dan tali. Gerakan melompat dan memutar tali bermanfaat membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah. Olahraga ini dapat melatih koordinasi otot-otot tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh saat berolahraga, meningkatkan kesehatan saluran napas, fleksibilitas, serta berdampak positif pada tinggi badan dan membantu proses penurunan berat badan.

Baca Juga: Tiga Rekomendasi Kegiatan Sederhana Saat Liburan Akhir Tahun

5. Latihan kekuatan otot

Latihan kekuatan otot berfokus untuk menambah kekuatan dan daya tahan otot, meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki postur tubuh, serta dapat memperbaiki mood. Latihan kekuatan otot yang dapat dilakukan, antara lain plank, push up, sit up, squat, pull up di ventilasi pintu, angkat beban dengan dumbbell, naik turun tangga atau bangku, hingga jumping jacks.

Itu dia beberapa olahraga yang dapat menjadi pilihan saat musim hujan tiba. Namun, tak lupa juga diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi, vitamin, dan istirahat yang cukup. Sehingga, saat musim hujan tiba tubuh tetap fit dan dapat melakukan aktivitas dengan baik.

Claudia