blank
Olivier Giroud. (foto: 90min.com)

(SUARABARU.ID) – Olivier Giroud menjadi pencetak gol terbanyak Prancis sepanjang masa dengan golnya melawan Polandia di Piala Dunia. Pemain veteran Prancis itu mencetak gol ke-52 yang sangat penting untuk Les Bleus di paruh waktu dengan penyelesaian yang sangat cerdas, membalikkan bola melewati Wojciech Szczesny untuk skor 1-0 di babak 16 besar.

Gol tersebut mengangkatnya di atas Thierry Henry di peringkat untuk mengklaim prestasi luar biasa. Giroud memulai debutnya dengan tim nasional Prancis pada tahun 2011, tetapi harus menunggu hingga Februari 2012 untuk mencetak gol pertamanya untuk Les Bleus, saat melawan Jerman dalam pertandingan persahabatan.

Dikutip dari 90min.com, dengan mengemas 116 caps, dia sekarang memimpin jalan untuk mencetak gol dan terus terlihat setiap bagian sebagai striker kelas dunia, meskipun sekarang berusia 36 tahun. Dia berhasil menyamai rekor Henry ketika mencetak dua gol di matchday pertama Piala Dunia Qatar dalam kemenangan 4-1 atas Australia, tetapi sejak itu harus menunggu gol untuk memimpin.

Namun, dengan Prancis yang kemungkinan akan melaju jauh ke dalam turnamen dan Karim Benzema tersingkir dari turnamen, Giroud memiliki peluang cemerlang untuk memperpanjang keunggulannya sebagai pencetak gol terbanyak Prancis sebelum Piala Dunia berakhir.

Ini tampil luar biasa di AC Milan. Setelah bergabung dengan klub pada musim panas 2021, Giroud mencetak 14 gol di semua kompetisi dan terbukti menjadi kunci saat mereka mengangkat Scudetto pertama dalam satu dekade, dan telah membawa performa produktifnya ke musim 2022/23 dengan absennya Zlatan Ibrahimovic.

Nur Muktiadi