blank
Pengawas Pembina Sekolah, Widodo,S.Pd.,M.Pd saat memberikan pengarahan ( Foto : Rozi)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 620 siswa SMPN 2 Kalinyamatan menggunakan hak pilihnya pada pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode tahun 2023 Kamis, 1 Desember 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan layaknya pemilihan kepala daerah. Terdapat 3 paslon ketua dan wakil ketua OSIS, yaitu Raihat dan Kamila, Farel dan Naomi, serta Nihad dan Darel.

Persiapan kegiatan dilaksanakan sejak Senin sampai Rabu dengan melibatkan siswa kelas 7 sebagai panitia. Kegiatan dimulai dengan pengenalan paslon, penyampaian visi misi dan program setiap paslon, penetapan DPT, penyediaan logistik (surat suara, kartu suara, bilik suara, kotak suara, dan tinta)

blank

Terdapat 3 TPS, masing-masing TPS ada ketua, sekretaris, saksi, dan anggota. TPS I untuk pemilih siswa kelas 7, TPS II untuk pemilih siswa kelas 8, dan TPS III untuk pemilih siswa kelas 9.

Sebelumnya,  Pengawas pembina sekolah, Widodo,S.Pd.,M.Pd. dalam kunjungannya mengatakan semua siswa kelas 7 harus mengikuti kegiatan Pilkatos karena merupakan kegiatan proyek pada Kurikulum Merdeka atau P5 dengan tema ‘Suara Demokrasi’. Kegiatan ini nantinya akan direkap dalam rapor P5”.

Pilkatos dilaksanakan pada hari Kamis, diawali dengan apel pagi dilanjutkan senam kreasi Pelajar Pancasila oleh semua siswa kelas 7. Dalam sambutannya Plt.Kepala Sekolah, Eko Mursulistiono,S.Pd.,M.Pd.mengatakan, kegiatan Pilkatos merupakan pesta demokrasi di sekolah. Karena itu  gunakan hak pilih kalian, pilih yang terbaik sesuai hati nurani demi kemajuan sekolah.

Kegiatan diakhiri dengan penghitungan suara, dengan perolehan suara terbanyak paslon nomor 1 Raihat dan Kamila.

Kontributor  Rozikiyah