blank
Pebalap TGA 2022, mencoba melahap semua jalur yang ada di Sirkuit Mijen, Semarang, Jumat-Sabtu (2-3/12/2022). Foto: TGA

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pimpinan Lomba Trial Game Asphalt (TGA), Jim Sudaryanto, mengatakan, usai dua tahun istirahat karena pandemi covid-19, Trial Game Asphalt (TGA), kembali digelar. Even TGA putaran ketiga di Kota Semarang ini merupakan putaran final, yang berlangsung di Sirkuit Mijen, Semarang, Jumat-Sabtu (2-3/12/2022).

Disampaikan dia, seri ketiga ini akan menentukan gelar juara umum, dari berbagai kelas yang dipertandingkan. Dan Sirkuit Mijen merupakan putaran ketiga, setelah berlangsung di Purwokerto dan Boyolali.

”Di hari pertama, Jumat (2/12/2022) merupakan sesi free practice dan kualifikasi. Para pebalap top Indonesia berebut pole position. Untuk mencatatkan waktu terbaiknya menetukan grid position, dalam lomba hari ini,” papar Jim.

BACA JUGA: Polrestabes Semarang Gelar Pertandingan Sepak Bola Piala Libas Cup 1

Ditambahkan dia, ada kelas utama sebanyak tiga kelas, yakni FFA 250, Trial 175 Open dan Trial 175 Junior. Dan juga ada tujuh kelas pendukung. Kelas ini hanya untuk mewadahi para komunitas mototrail, agar mereka tak hanya menjadi sekadar komunitas motor untuk riding, tapi juga bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki.

TGA 2022 menjadi bukti nyata komitmen 76 Rider, untuk mendorong perkembangan extreme sport di Indonesia, dengan menyuguhkan kejuaraan yang berkualitas. Pihaknya berharap, muncul rider baru bertalenta, yang lahir dari gelaran supermoto bergengsi di Tanah Air ini.

”Pada putaran ketiga ini, diikuti pebalap dari berbagai kota di Indonesia, seperti Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta. Jawa hampir merata,” jelas Jim, dalam keterangannya semalam.

BACA JUGA: Target Pengangkatan Satu Juta Guru Optimistis Tercapai

Persaingan ini sangat ketat, karena penentuan juara umum, dari penjumlahan poin-poin putaran 1, 2 dan 3 yang mereka dapat. Di even ini, sejumlah pebalap senior pun ikut berlaga.

”Sudah banyak muncul nama-nama baru yang ikut dalam ajang ini, baik di puataran 1, 2 dan 3. Mudah-mudahan rider baru yang bergabung di even ini, akan makin banyak,” paparnya.

Sementara itu, pebalap wanita terbaik, Jeani Harmono dari Tim Jhoo Mo2 JPX Gordon, Surabaya, merasa senang dapat bergabung dalam ajang kali ini. Meskipun harus bersaing melawan pebalap-pebalap pria.

BACA JUGA: Polres Wonogiri Menggelar Doa Bersama, Agar Pilkades Serentak Aman

Ada banyak pebalap top Indonesia, yang berebut pole position untuk beraksi di balapan Sabtu (3/12/2022) ini. Persaingan ketat terasa di kelas FFA 250. Trio rider Tanah Air, akan berpacu demi berada di pole position terdepan.

Tommy Salim dari 76 Rider, berhasil mencatatkan waktu tercepat 51,785 detik. Menyusul dibelakangnya adalah Lewish Cornish yang meraih 51,871 detik. Sedangkan Farudila Adam, harus puas dengan raihan waktu 51,974 detik, dan ada di posisi ketiga.

Di kelas Trail 175 Open, Andrias Lukito berhasil unggul dengan catatan waktu tercepat 53,431 detik. Membuntuti dia ada Farudila Adam (53,599). Sedangkan Raden Aludona memperoleh catatan waktu 54,230 detik, dan mengungguli Tommy Salim yang terpaksa harus puas dengan catatan waktu 54,240 detik.

Lalu di kelas Trail 175 Junior, Andrias Lukito juga berhasil unggul dari dua rivalnya dengan catatan waktu 53,172 detik. Diikuti Reyhan Lapendoz dengan catatan waktu 54,821 detik dan Benaya Farrel yang meraih 55,496 detik.

Riyan