blank
Tim PkM USM foto bersama pelaku UMKM seusai mengikuti Pembekalan di Balai Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang, baru-baru ini. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat memberikan pembekalan kepada pelaku UMKM dengan memanfaatkan produk kemasan produk di Balai Kelurahan Kramas Kecamatan Tembalang, baru-baru ini.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat para dosen USM ini diikuti 31 pelaku UMKM kuliner di Kecamatan Tembalang.

Lurah Kramas Yulistiyono, S.E..M.M mengatakan, permasalahan umum yang dihadapi UMKM adalah masih belum adanya sentuhan ilmu pemasaran yang baik sehingga keuntungan dari pelaku UMKM tidak optimal walaupun sudah dapat mencukupi kebutuhan para pelaku UMKM.

Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang terdiri atas Dr. DC Kuswardani, M.M dan anggota Drs.Wawan Setiawan, M.M. dan Lusa Mara, S.E.,M.M.

“Kami memahami permasalahan yang dihadapi UMKM sehingga kami tindaklanjuti dengan memberikan pembekalan kepada 31 UMKM kuliner tentang manfaat kemasan produk yang dapat mendongkrak nilai jual sehingga mendatangkan keuntungan,” ungkap Wawan.

Menurutnya, tim PkM membekali mulai dari perencanaan pemasaran, desain kemasan, langkah pembuatan kemasan sampai bagaimana menyajikannya dan siap untuk dipasarkan.

Sementara DC Kuswardani menegaskan,kegiatan PkM seperti ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan dengan metode pendampingan agar para pelaku UMKM terampil dalam mengemas produk-produk yang dihasilkan. Untuk itu kegiatan ini harus dijadikan peluang kerja sama antara FE USM dan UMKM di Kelurahan Kramas agar diperoleh keuntungan dikeduabelah pihak.

Muhaimin