blank
Ilustrasi timun. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Setiap wanita pasti ingin memiliki kulit wajah yang bebas dari jerawat, cerah, bahkan glowing. Maka tak heran jika diluar sana banyak wanita yang melakukan perawatan untuk wajahnya.

Dilansir dari Suara.com, mulai dari perawatan tradisional hingga modern dilakukan hanya demi memiliki wajah cerah dan glowing.

Nah, buat kamu yang ingin memiliki wajah cerah namun tak mau perawatan mahal, kamu bisa menggunakan masker alami saja. Di bawah ini ada beberapa masker alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan wajah.

1. Timun

Selain sebagai bahan makanan, timun juga bisa digunakan sebagai masker alami, loh. Ada banyak manfaat yang dimiliki oleh timun. Beberapa diantaranya yaitu dapat melembabkan wajah, mencegah penuaan dini dan juga mencerahkan wajah.

Cara menggunakan masker timun ini sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan timun menggunakan blender lalu aplikasikan ke wajah. Gunakan masker timun ini secara rutin agar mendapatan hasil yang maksimal.

2. Bengkoang

Bengkuang memiliki banyak sekali manfaat. Diantaranya, dapat mencerahkan kulit, menyamarkan flek hitam, dan mencegah penuaan dini. Masker ini sangat cocok kamu gunakan untuk mencerahkan wajah. Cara menggunakan masker inipun sangat mudah.

Pertama, parut bengkoang lalu peras tanpa menambahkan air. Setelah itu diamkan air perasan beberapa menit dan ambil sari patinya. Oleskan sari pati pada wajah meggunakan kuas atau jari dan diamkan beberapa menit. Setelah itu barulah bilas. Gunakan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Kopi

Kandungan yang paling menonjol dari kopi adalah kafein. Ternyata, kafein mampu mengurangi peradangan pada kulit wajah.

Maka dari itu, kopi bisa di jadikan masker yang cukup ampuh. Cara menggunakannya cukup mencampurkan bubuk kopi dengan sedikit air, lalu aduk hingga rata dan aplikasikan langsung ke wajah.

Manfaat masker kopi yaitu untuk menyamarkan bekas jerawat, menghaluskan kulit dan mengencangkan wajah. Kopi juga bisa di gunakan sebagai scrub wajah, untuk mengangkat sel kulit mati.

Namun, saat menggunakan scrub tersebut harus hati-hati dan jangan terlau kuat saat mengosoknya. Karena bisa menimbulkan rasa sakit di wajah.

4. Tomat

Buah tomat mengandung antioksidan alami bernama likopenyang dapat mengurangi efek radikal bebas penyebab kanker. Tak hanya dikonsumsi, namun buah ini bisa dijadikan masker alami yang memiliki banyak manfaat.

Cara menggunakan masker tomat sangat mudah. Kamu bisa menggunakannya secara ke wajah dengan cara membersihkan tomat terlebih dahulu lalu memotongnya menjadi dua bagian, kemudian oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit.

Setelah itu bilas dengan air bersih. Selain itu, kamu juga bisa mancampurkan tomat dengan bahan lain seperti madu dan lemon.

Claudia