blank
Para peserta mengikuti Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiwa baru-baru ini. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu online dengan zoom meeting dan offline di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt 6. (foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Seribu mahasiswa Universitas Semarang ikuti Sosialisasi Program Kreativitas Mahasiwa baru-baru ini. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, yaitu online dengan zoom meeting dan offline di Aula Prof Ir Joetata, Gedung V, Lt 6. Kegiatan ini disambut dan dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH.

”Kami berharap, kegiatan ini dapat membantu dosen dalam membimbing mahasiswa membuat proposal, serta memfasilitasi mahasiswa agar dapat melihat dan menggali ide-ide kreatif yang nantinya dituangkan dalam bentuk tulisan. Ide tersebut dapat diperoleh dari metode amati, tiru dan modifikasi,”ucapnya.

Dia menambahkan, hasil kegiatan ini akan banyak proposal PKM berkualitas yang dikumpulkan ke tim PPKM sehingga akan banyak yang lolos dan didanai oleh Kemenristekdikti. Selain itu USM juga akan memberikan reward atau penghargaan kepada mahasiswa yang lolos didanai.

Narasumber kegiatan ini adalah Harmini ST MEng. Kompetensi Harmini tidak diragukan lagi, karena selain sebagai ketua Tim PPKM USM, juga reviewer nasional program PKM Kemristekdikti, reviewer nasional hibah program kompetisi kampus merdeka (PKKM) Kemenristekdikti, dan reviewer nasional hibah Matching Fund (MF). Kegiatan tersebut dimoderatori dosen ekonomi USM, Alfa Vivianita SE MSi.

”Mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan Pancasila serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu dan taat aturan, kreatif dan inovatif, objektif dan kooperatif dalam membangun keberagaman intelektual,” ungkap Harmini.

Dia menambahkan, pada tahun 2022 ada penambahan skim atau skema PKM, yaitu PKM-Riset (PKM-R), PKM Penerapan Iptek (PKM-PI), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-PM), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM-Karsa Inovasi (PKM-KI), PKM Video Futuristik Konstruktif (PKM-VGK), PKM Gagasan Futuristik Tertulis (PKM-GFT), dan PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI).

Muhaimin