blank
Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH (tengah) foto bersama para juara dan panitia seusai penyerahan pengharagaan kepada para juara dalam Turnamen Bola Voli Rektor USM Cup V di GOR Mitra Kencana Sport Mranggen yang berakhir pada 25 November 2022. (Foto:News Pool USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Putra SMK Gajah Mada Purwodadi dan Tim Putri SMAN 7 Semarang berhasil menjuarai Turnamen Bola Voli Rektor USM Cup V 2022 di GOR Mitra Kencana Sport Mranggen yang berakhir pada 25 November 2022.

Di final, tim putra SMK Gajah Mada mengalahkan SMAN 3 Salatiga 3-0. Juara kedua diraih SMAN 3 Salatiga. Adapun juara tiga ditempati SMK Sakti Gemolong dan SMKN 3 Kendal di posisi keempat.

Guru sekaligus Pelatih Tim Putra SMK Gajah Mada Purwodadi, Angga Setiawan mengatakan, kemenangan ini mereka peroleh berkat proses 3 minggu pelatihan dan pembinaan secara intens.
“Kami melakukan pembinaan rutin dan terprogram di sekolah, namun selama 3 minggu kami memfokuskan persiapan untuk menghadapi Piala Rektor USM ini,” ujarnya

Menurutnya, mental para peserta didiknya juga berperan penting untuk memenangkan turnamen ini.

“Sebenarnya kekuatan peserta merata. Alhamdulillah, mental bertanding tim kami cukup bagus, sudah terasah karena sering ikut kompetisi,” katanya.

Karena para pemain dari timnya didominasi oleh siswa kelas 12, Angga berharap, keberhasilan ini akan menjadi bekal dan memotivasi mereka agar terus berprestasi di perguruan tinggi.

“Kita tidak bisa mengikat anak-anak itu terus, kita juga tidak bisa menjamin mereka akan mendapat pekerjaan yang diinginkan nanti. Jadi tugas kita ini menjembatani anak untuk bisa terus berprestasi tidak hanya di bangku SMA saja,” jelasnya.

Dia menuturkan, SMK Gajah Mada mempunyai klub bola voli resmi sejak 1 tahun lalu.

“Anak-anak ini murni binaan dari SMK Gajah Mada atau PBV Gajah Mada Grobogan ini sendiri,” tandasnya.

Sementara itu untuk kategori putri, juara pertama diraih SMAN 7 Semarang, juara 2 SMAN 3 Salatiga, juara ketiga SMAN 13 Semarang dan juara urutan keempat ditempati SMKN 8 Semarang.

Di laga final, sempat terjadi kejar-kejaran poin antar tim SMAN 7 Semarang dengan SMAN 3 Salatiga. Namun akhirnya SMAN 7 Semarang berhasil mengungguli SMAN 3 Salatiga dengan skor 3-1.

“Ini merupakan suatu kebanggaan dapat membina, mengkoordinir, dan melatih tim ini. Saya bangga terhadap kesungguhan dan semangat mereka untuk mendapat hasil maksimal,” kata guru olahraga sekaligus pembina voli SMAN 7 Semarang, Erwan.

Dia mengatakan, kunci kemenangan timnya karena para pemainnya bukan hanya menggunakan kekuatan fisik saja tapi juga strategi.

“Olahraga memang utamanya di fisik, tapi akal juga harus dipake. Saat mau bertading saya sudah berpesan okol (fisik) dipakai tapi akal juga dipakai. Jadi jangan okolnya saja lalu akalnya hilang tidak terarah,” jelasnya

Dia berharap, dengan keberhasilan ini akan menarik minat dari para siswa baru yang akan masuk ke SMAN 7 Semarang.

“Saya juga meminta ke pihak sekolah agar diberikan kesempatan apabila ada turnamen ke depan. Anak-anak saya motivasi, saya berikan arahan.” katanya

Dia menuturkan, setiap tahun ajaran baru di SMAN 7 Semarang selalu membuat program latihan setiap 6 bulan.

“Dalam kurun waktu 1 tahun, minimal ada 2 sampai 3 kali untuk mengevaluasi hasil program kerja,” ujarnya.

Muhaimin