blank

(SUARABARU.ID) – Kosta Rika akan menghadapi juara empat kali Jerman pada Jumat (2/12/2022) pukul 02.00 WIB di Stadion Al Bayt, Al Khor, untuk pertandingan terakhir grup Piala Dunia mereka.

Pelatih Luis Fernando Suarez memuji kemenangan seperti Lazarus atas Jepang setelah kekecewaan melawan Spanyol. Jerman memastikan, peluang mereka juga tertahan dengan bermain imbang 1-1 menghadapi La Roja pada Minggu malam.

Kosta Rika dapat memastikan tempat 16 besar dengan kemenangan tetapi akan lolos dengan satu poin jika Spanyol mengalahkan Jepang. Jerman juga mengandalkan hasil Spanyol.

Apa pun yang terjadi, pasukan Hansi Flick harus mengalahkan Kosta Rika. Kemenangan dengan dua gol atau lebih sudah cukup jika Spanyol terhindar dari kekalahan. Namun, jika Jepang membuat kejutan lagi, Jerman harus memperbaiki selisih gol Spanyol – yang mendapat dorongan besar dari kemenangan 7-0 mereka atas Kosta Rika.

Pelatih Suarez mengkhawatirkan dampak psikologis bagi timnya setelah kekalahan rekor bersama negara itu, tetapi hanya membuat dua perubahan pada starting XI yang kalah dari Spanyol. Perubahan menjadi tiga bek – yang lebih sering menjadi lima bek – tentu saja menghalangi Jepang dan mungkin pendekatan yang dia ambil melawan Jerman. Namun, Suarez harus mencari pengganti bek tengah Francisco Calvo setelah mendapat kartu kuning kedua melawan Jepang.

Sementara itu, dalam perjalanan kembali dari cedera lutut, Sane belum cukup fit untuk memulai pertandingan Piala Dunia – meskipun itu bisa berubah Kamis ini.

Kosta Rika datang ke turnamen dengan reputasi buruk yang dilenyapkan oleh tujuh gol tanpa balas Spanyol. Tampilan hati-hati melawan Jepang mulai menyatukan kembali tetapi Los Ticos ompong di turnamen ini.

Empat pemain Jerman secara individual melepaskan tembakan lebih banyak daripada gabungan seluruh skuat Kosta Rika dalam dua pertandingan mereka (empat). Kontingen Jerman telah berjuang untuk mengonversi peluang-peluang ini tetapi banyaknya peluang yang menghalangi tim asuhan Flick menunjukkan bahwa mereka seharusnya memiliki cukup peluang untuk mengalahkan Kosta Rika.

Head to Head :

09/06/06 Jerman 4-2 Kosta Rika

Lima Laga Terakhir Kosta Rika :

27/11/22 Jepang 0-1 Kosta Rika
23/11/22 Spanyol 7-0 Kosta Rika
10/11/22 Kosta Rika 2-0 Nigeria
27/09/22 Uzbekistan 1-2 Kosta Rika
23/09/22 Korsel 2-2 Kosta Rika

Lima Laga Terakhir Jerman :

28/11/22 Spanyol 1-1 Jerman
23/11/22 Jerman 1-2 Jepang
16/11/22 Oman 0-2 Jerman
26/09/22 Inggris 3-3 Jerman
23/09/22 Jerman 0-1 Hungaria

Perkiraan Susunan Pemain:
Kosta Rika (4-4-2): Keylor Navas; Carlos Martinez, Oscar Duarte, Kendall Waston, Bryan Oviedo; Celso Borges, Yeltsin Tejeda, Keysher Fuller, Jewison Benette; Joel Campbell, Anthony Contreras. Pelatih: Luis Fernando Suarez.

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Thilo Kehrer, Niklas Sule, Antonio Rudiger, David Raum; Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Ilkay Gundogan, Jamal Musiala, Serge Gnabry; Thomas Muller. Pelatih: Hansi Flick.

Prediksi: Jerman Menang, Handicap: 1/2 : 0

Nur Muktiadi