blank
Plt Ketua Umum KONI Jateng, Bambang Rahardjo Munadjat (kedua dari kiri), saat memberikan keterangannya, terkait adanya lomba desain logo dan maskot Porprov XVI/2023. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Plt Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Bambang Rahardjo Munadjat, menyampaikan, pihaknya menggelar lomba desain logo dan maskot Porprov XVI, yang akan diselenggarakan di wilayah Pati Raya, pada September 2023 mendatang. Lomba ini dilaksanakan sesuai arahan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

”Lomba logo dan maskot Porprov XVI ini sesuai dengan arahan Gubernur, agar bisa dipilih dari yang terbaik, dengan kriteria-kriteria yang sudah disusun panitia. Lomba ini melibatkan tim penilai, yang tidak semuanya berasal dari KONI Jateng,” kata Bambang, dalam keterangannya di Kantor KONI Jateng, Komplek GOR Jatidiri, Semarang, Selasa (29/11/2022).

Ditambahkan dia, otentifikasi logo dan maskot, harus mengarah pada budaya atau kekhasan daerah Pati Raya. Oleh sebab itu, logo dan maskot Porprov XVI harus berakar dari kehidupan masyarakat setempat. Secara spesifik harus tergambarkan atau terwakilkan pada logo dan maskot itu.

BACA JUGA: Sulap Sampah Kota Jadi Bahan Baku Co-Firing, PLN dan Pemkot Cilegon Kolaborasi Bangun Pabrik Biomassa

Lomba ini dibuka mulai 1 Desember 2022, hingga 2 Januari 2023 mendatang. Dia berharap, akan banyak warga Jateng yang mendaftar, untuk membuat logo dan maskot Porprov XVI. ”Lomba ini dikhususkan untuk warga Jateng, atau masyarakat yang tinggal di luar Jateng namun ber-KTP Jateng,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Darjo Soyat, menuturkan, lomba ini bisa diikuti perorangan atau beregu. Setiap peserta bisa mengikuti dua mata lomba, baik itu desain logo ataupun maskot. Desain logo dan maskot Porprov XVI ini nanti, hak ciptanya akan menjadi milik KONI Jateng.

Disebutkan dia desain logo dan maskot Porprov XVI harus bermuatan makna simbolik, seperti ikon Pati Raya. Desain juga harus bermuatan spirit optimisme, untuk mencapai prestasi tinggi dalam olahraga.

BACA JUGA: Agar Banjir di Wilayah Tanpa Sungai Tak Terulang, Ini yang Harus Dilakukan

”Logo dan maskot harus mengandung filosofi, tentang dinamika masyarakat dan kekayaan alam Jateng, khususnya di wilayah Pati Raya,” jelasnya.

Para juara desain logo dan maskot Porprov XVI ini, masing-masing akan mendapatkan hadiah sebesar Rp 10 Juta untuk Juara I. Juara II senilai Rp 7,5 Juta, dan Juara III Rp 5 Juta.

Pengiriman logo dan maskot melalui file bit.ly, mulai 1 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. ”File bisa jpg, png, jpeg, dan harus di-upload ke bit.ly. Penetapan pemenang akan dilakukan pada 23 Januari 2023 mendatang,” jelasnya.

Riyan