blank
Lestari Moerdijat hadir secara daring, saat peluncuran buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara, yang diinisiasi CISC. Foto lmc

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Informasi yang akurat tentang kanker payudara sangat dibutuhkan masyarakat, dalam upaya mencegah dan mengobati penyakit kanker penyebab kematian terbanyak di Indonesia itu.

”Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para sahabat Cancer Information & Support Center Association (CISC), yang telah bekerja keras mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran, untuk menghadirkan buku panduan yang berisi informasi yang akurat bagi masyarakat, tentang kanker payudara ini,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Hal itu seperti yang disampaikannya, saat peluncuran secara daring, buku Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara, yang diinisiasi CISC.

BACA JUGA: Gabungan Elemen di Tegal Galang Dana untuk Cianjur

Hadir secara daring pada acara ini antara lain, Prof dr Dante Saksono Harbuwono SpPD KEMD PhD (Wakil Menteri Kesehatan RI), Prof Dr dr Soehartati Argadikoesoema Gondhowiardjo SpRad (K) OnkRad (Ketua Umum Perhimpunan Onkologi Radiasi Indonesia).

Ada juga Dr Kemala Rita Wahidi SpKp SpKepOnk ETN MARS FISQua (Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia), dr Inez Nimpuno MPS MA (Editor, Staf Kemenkes Australian Capital Territory), Bambang Chriswanto (Policy & Public Affairs Director Indonesia/Phlippines Pfizer) dan Aryanthi Baramuli Putri SH MH (Ketua Umum CISC).

Sebagai survivor kanker payudara, Lestari sangat memahami, masyarakat dan penderita kanker payudara sangat membutuhkan informasi yang akurat, tentang penyakit yang mereka hadapi.

BACA JUGA: Peringati HUT KORPRI, Sekda Jepara: Semangat Pahlawan Contoh Bagi ASN

Di tengah maraknya informasi di era digital saat ini, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, seringkali masyarakat kesulitan menemukan informasi tentang kanker payudara yang akurat.

Buku ini, ujar Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, merupakan salah satu sumber pengetahuan dan petunjuk praktis bagi masyarakat, untuk mengenali dan memahami, bagaimana langkah-langkah pencegahan dan pengobatan medis kanker payudara yang tepat dan benar.

”Upaya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kanker payudara, merupakan langkah awal untuk mengajak masyarakat melakukan deteksi dini kanker payudara, dengan menggalakkan gerakan Periksa Payudara Sendiri (Sadari) dan Periksa Payudara Klinis (Sadanis),” ujar Rerie.

BACA JUGA: Kapolres Grobogan Sidak ke Bagian Pelayanan SIM, Ada Apa?

Karenanya, tegas anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, langkah tepat penanganan melalui deteksi dini, sangat mempengaruhi survival rate para penderita kanker payudara di Tanah Air.

Apalagi, imbuhnya, buku panduan ini menyajikan secara komprehensif setiap tahapan, dengan tindakan dan langkah yang tepat, dalam penanganan kanker payudara sesuai dengan diagnosa.

Menurut dia, buku panduan yang diinisiasi CISC ini, merupakan salah satu jawaban untuk mengatasi ketidakpahaman masyarakat, tentang kanker payudara saat ini.

Tantangan berikutnya, lanjut dia, bagaimana informasi akurat dalam buku ini bisa disajikan dengan format yang lebih sederhana dan praktis, sehingga bisa diakses lebih mudah bagi banyak orang.

Riyan