Foto bersama peserta peserta Musyawarah Nasional ke-1 APPPI yang berlangsung di Kampus UNS, Senin (28/11). Foto: munas Apppi
Foto bersama peserta peserta Musyawarah Nasional ke-1 APPPI yang berlangsung di Kampus UNS, Senin (28/11). Foto: munas Apppi

SURAKARTA (SUARABARU.ID) Kepala Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia (APPPI).

Prof Sulistyo terpilih dalam Musyawarah Nasional (Munas) ke-1 APPPI yang diikuti sekitar 10 perguruan tinggi di Indonesia dan sedang berlangsung di Kampus UNS, Senin (28/11/2022).

Ketua APPPI Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D dalam sambutannya pada pembukaan Munas ke 1 mengatakan, pada dasarnya, Asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA Indonesia merupakan kumpulan Kepala Program Studi (Kaprodi) yang ada dalam S2 Pendidikan IPA dan S3 Pendidikan IPA di seluruh Indonesia.

Melalui APPPI dapat ditingkatkan kerja sama dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPA di seluruh Indonesia.

Saat ini, belum ada asosiasi Pascasarjana Pendidikan IPA di Indonesia. Pembentukan APPPI diharapkan ada kesamaan misi dalam pembelajaran IPA.

Sekaligus menjaga kualitas Pendidikan IPA supaya lebih baik. Berikutnya, ke depan perlu pelaksanaan joint research dan publikasi dan bisa dikerjakan secara bersama dari institusi yang tergabung dalam APPPI.

blank
Foto bersama peserta peserta Musyawarah Nasional ke-1 APPPI yang berlangsung di Kampus UNS, Senin (28/11). Foto: munas Apppi

Perguruan tinggi yang hadir dalam Munas ke 1 APPPI diantaranya dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Negeri Surabaya (Unnesa), Universitas Mataram (Unram). Juga dari Universitas Pakuan Bogor, Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Universitas Bengkulu, UIN Walisongo Semarang, UPGRIS Semarang, serta beberapa institusi lainnya,” terang Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D..

Hadir pada acara ini Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Pascasarjana UNS Surakarta Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta. Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si .

Masih dalam kesempatan sama Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS Surakarta. Prof. Dr.rer.nat. Sajidan, M.Si dalam pesannya mengatakan, bagaimana APPPI dapat memprofesorkan seluruh Kaprodi Pendidikan IPA menjadi salah satu target program kerja ke depan.

Pada intinya mengapresiasi Munas ke-1 APPPI. Juga berharap adanya kolaboratif dalam bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Pada dasarnya, keberadaan research citation menjadi upaya meningkatkan H Index dalam suatu perguruan tinggi.

Selain itu, ada langkah ke depan bagaimana mengembangkan model pembelajaran dapat diaplikasikan secara nyata.Intinya, kolaborasi antar Perguruan Tinggi yang digabung dalam asosiasi ini penting untuk kedepannya.

Kontribusi Pendidikan IPA saling memadukan dan membangun kolaborasi dengan seluruh jaringan yang ada,” terangnya

Terpisah dari panitia penyelenggara diperoleh keterangan , penyelenggaraan Munas ke 1 APPPI berlangsung 27-29 November tahun 2022. Munas yang berlangsung di kampus UNS menetapkan secara aklamasi Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D. (UNS Surakarta) sebagai Ketua Umum.

Kemudian Dr. Euis Nursa’adah, M.Pd (Universitas Bengkulu) sebagai Sekretaris sekaligus semua pengurus lengkapnya.

Selain itu, Munas Ke-1 APPPI menghasilkan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) sebagai landasan operasional bagi perjalanan APPPI kedepannya.

Terakhir adalah penandatanganan perjanjian kerjasama antar program studi oleh kepala program studi Pascasarjana Pendidikan IPA yang tergabung dalam APPPI.
Bagus Adji

Foto bersama peserta peserta Musyawarah Nasional ke-1 APPPI yang berlangsung di Kampus UNS, Senin (28/11). Foto: munas Apppi