Poster Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa yang akan diselenggarakan Fakultas Hukum USM.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Fakultas Hukum Universitas Semarang akan menggelar Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Se-Semarang Raya pada 8 Desember 2022 di ruang sidang lantai 2 Fakultas Hukum Universitas Semarang.

Tema yang diusung pada kegiatan ini ”Berpikir Kreatif, Sistematis, dan Kritis terhadap Permasalahan Hukum”.

Ketua panitia, Dr Subaidah Ratna Juita, SH MH mengatakan, tema tersebut dipilih karena berkaitan dengan perkembangan hukum terkini.

”Saat ini hukum merupakan ‘panglima’ dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, keterlibatan aktif generasi muda diperlukan untuk menyumbangkan pemikiran dan gagasannya dalam menghadapi fenomena tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, lomba tersebut terbuka untuk mahasiswa Fakultas Hukum seluruh Universitas Negeri maupun Swasta di Kota Semarang.

Karya lomba akan dinilai 3 juri yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Semarang.

”Kami menargetkan kegiatan ini diikuti 50 dengan anggota maksimal 2 orang per tim. Kami akan memilih 10 karya tulis terbaik untuk dipresentasikan,” ujarnya.

Subaidah menyebutkan, beberapa kasus hukum membuat para pemerhati hukum tergelitik seperti kasus Sambo yang sedang viral. Lomba ini dapat digunakan mahasiswa untuk berpikir secara kritis.

”Beberapa kasus hukum yang ada sekarang ini membuat pemerhati hukum tergelitik seperti kasus Sambo, polisi tembak polisi yang mati malah cctv,”

Dia menyatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan dan menggali kemampuan peserta dalam menuangkan ide dan gagasan dalam menyikapi persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat.

Penghargaan yang diberikan kepada pemenang kompetisi yakni uang pembinaan, piagam, dan publikasi jurnal Humani Fakultas Hukum USM.

Pendaftaran dan pengumpulan naskah dapat diakses melalui link pendaftaran: https://bit.ly/RegKKTIM sebelum 30 November 2022.

Muhaimin