blank
CETAK GOL - Pemain-pemain Belanda meluapkan kegembiraan usai mencetak gol. (foto: 90min.com

(SUARABARU.ID) – Belanda berhasil mematahkan perlawanan ketat Senegal dengan skor 2-0, pada babak penyisihan Grup A Piala Dunia 2022. Tampil di Al Thumama Stadium, Senin (21/11), dua gol Belanda diperoleh menjelang pertandingan berakhir.

Mendapat tekanan dari Senegal di hampir sepanjang laga, Tim Oranje malah berhasil mencetak gol pada menit ke-84. Menerima umpan lambung dari Frenkie de Jong, Cody Gakpo menyambut dengan sundulan kepala menaklukkan kiper Edouard Mendy.

Tertinggal satu gol, Senegal berusaha menyamakan kedudukan. Namun upaya mereka gagal, malah pada saat di injury time gawang mereka kembali kebobolan. Berawal dari tembakan keras Memphis Depay, namun masih bisa diblok oleh Mendy. Bola liar di depan gawang diambil Davy Klaassen dengan tembakan keras yang membuat gawang juara Afrika itu kembali kebobolan pada menit 90+8. Skor 2-0 bertahan hingga laga berakhir.

Raihan tiga poin tersebut membuat Belanda menempati puncak klasemen Grup A dengan 3 poin, sama dengan Ekuador yang menang 2-0 atas Qatar sehari sebelumnya. Adapun Senegal dan Qatar di posisi ketiga dan empat dengan poin 0.

Susunan pemain
Senegal: Edouard Mendy, Koulibaly, Cisse, Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Kouyate (Pape 73′), Boulaye Dia (Bamba 69′), Diatta (Jackson 74′), Sarr, Sabaly, Diallo (Jakobs 62′).

Belanda: Noppert, De Ligt, Van Dijk, Ake, Bergwijn (Klaassen 79′), Gakpo (De Roon (90+4′), Berghuis (Koopmeiners 79′), Blind, Janssen (Depay 62′), De Jong, Dumfries.

blank

Nur Muktiadi