blank
Pelepasan balon udara menandai launching perumahan di Mertoyudan, Kabupaten Magelang, hari ini. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Warga Magelang dan sekitarnya memiliki peluang membeli rumah murah seharga Rp 150 juta. Berada di Dusun Dowasan, Desa Bondowoso, Mertoyodan, Kabupaten Magelang.

“Uang mukanya delapan juta rupiah, itu pun bisa diangsur selama empat bulan,” jelas Dirut PT Mertoyodan Milenial Properti, Rudy Nasrodin, di sela-sela launching perumahan tersebut hari ini, Sabtu (19 November 2022).

Selebihnya dijelaskan, rencana akan dibangun rumah tipe 30-60. Luas bangunannya 30 meter persegi (M2) dan luas tanahnya 60 M2. Adapun jumlah totalnya sebanyak 90 rumah, jumlah pendaftarnya 70 orang dan yang sudah lolos BI ceking sebanyak 50 orang.

Dijelaskan pula, pembeli yang pembayarannya secara kontan akan didiskon sebesar 10 persen. Statusnya masih hak guna bangunan (HGB). “Agar jadi sertifikat hak milik, tambah biaya Rp 2,5 juta,” katanya.

Harapan dia, dari proyek itu membuka peluang kerja warga bagi sekitar. Karena melibatkan enam orang per rumah, selama satu bulan lebih seminggu. Kecuali itu membantu warga yang ingin punya rumah murah.

Adapun bangunan rumahnya terdiri
ruang tamu, dua kamar, dan kamar mandinya di luar. Fasilitas airnya dari PAMDes. Selain itu ada  penitipan anak, jogging trek, ruang terbuka hijau dan tempat ibadah.

Dia menambahkan, pembangunan tahap pertama itu di lahan seluas satu hektare. “Pembangunannya akan saya awasi langsung untuk menjaga kualitas,” katanya.

Rumah yang dibangun itu atap gentingnya jenis plentong. Dengan pertimbangan genting metal kalau hujan, suaranya berisik dan panas. Keramiknya ukuran 40×40 CM, listriknya 1.300 Watt. Rengnya dengan usuk baja ringan.

Sisi lain, launching perumahan tersebut dipadukan dengan
Pasar Rakyat selama dua hari, Sabtu (19/11) dan Minggu (20/11). Ketua LSM Garis Depan (Garda) Magelang, Mohammad Slamet, menuturkan, pesertanya masing- masing hanya membayar sewa tenda dan listrik sebesar Rp 100 ribu. Adapun jumlah pesertanya 180 UMKM.

Selama Pasar Rakyat dihibur kesenian rakyat berupa Gedruk  Randu Alas, Kuda Lumping,
Ndayakan Sekar Rimba, serta musik
Dangdut. “Ada pula aerobik,” jelasnya.

Hari ini juga ada pembagian sembako gratis. Penerimanya warga sekitar yang kurang mampu. Jumlahnya tidak terbatas.

Eko Priyono