blank
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho saat meninjau Coloring Competition, dalam meriahkan Palas III di Historic Building Lawang Sewu, Kota Semarang. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Event Pesona Lawang Sewu kembali hadir di Museum Lawang Sewu, Kota Semarang.

Kegiatan Pesona Lawang Sewu III (Palas III) ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 19-20 November 2022 yang dimeriahkan berbagai kegiatan menarik, seperti lomba-lomba yang bersifat edukasi.

Perlombaan sendiri diikuti untuk umum maupun anak sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M.Ilud. Siregar menyampaikan, kegiatan Palas kali ini mengambil tema “Creative Ways to Children’s Day” sebagai ajakan bagi para pengunjung untuk mencintai dan merawat bangunan-bangunan sejarah di Indonesia, sekaligus menyemarakkan kegiatan yang ada di museum berupa edukasi, sejarah dan hiburan.

“Kegiatan Palas ini juga sebagai mediator untuk meningkatkan pelayanan ke para pengunjung setia Historic Building Lawang Sewu dan mempertahankan eksistensi Lawang Sewu sebagai salah satu destinasi wisata terbaik (ikon) di Kota Semarang,” tutur Ilud, Sabtu (19/11/2022).

Selain itu juga menjadi upaya untuk mendukung pengembangan industry pariwisata dengan cara mendukung program pemerintah, untuk meningkatkan sektor pariwisata di Indonesia, terutama pasca pandemic.

blank
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho didampingi Humas PT Kereta Api Pariwisata, M.Ilud. Siregar (baju putih) meninjau UMKM. Foto: Dok/Suparningsih

Menurut Ilud, kegiatan Palas III Creative Ways to Children’s Day dengan semangat edukasi dan sejarah ini dikemas dalam beberapa rangkaian.

Coloring Competition dengan kategori
1. Kategori A : TK – SD Kelas 2
2. Kategori B : SD Kelas 3 – Kelas 4

Fashion Show Competition yang bertemakan batik trendy dengan kategori
1. Kategori A : SD-SMP
2. Kategori B : SMA – Umum

Singing Competition dengan menampilkan lagu yang dikemas dalam 2 kategori, dan
sajian live music

Ilud menyebut, para pengunjung yang ingin menyaksikan dan berkunjung ke acara Palas III wajib mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, dengan melakukan scan barcode PeduliLindungi di gerbang pintu masuk yang ditunjukan kepada petugas keamanan pintu masuk.

Sebelumnya, pihaknya telah menata dan melakukan persiapan untuk pelaksanaan kegiatan acara, guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung.

“Diantaranya memastikan seluruh pekerja dan seluruh mitra Museum Lawang Sewu telah melaksanakan vaksin, memasang spanduk dan flyer guna sosialisasi persyaratan pengunjung, mengevaluasi alur pelayanan, dan menyiapkan tenaga keamanan tambahan di gerbang pintu masuk yang bertugas mengecek para calon pengunjung yang telah melakukan scan barcode PeduliLindungi, untuk meminimalisir terjadinya antrian,” terang Ilud.

Dengan digelarnya Palas III di Historic Building Lawang Sewu ini diharapkan bisa menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata dengan aman dan nyaman, serta memberikan kesempatan kepada para wisatawan yang sudah rindu untuk berkunjung ke Museum Lawang Sewu.

“Ini juga sebagai moment untuk membangkitkan kepariwisataan di Provinsi Jawa Tengah, khususnya Kota Semarang dan sekitarnya,” tambah Ilud.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, R. Wing Wiyarso Poespojoedho mengapresiasi kegiatan Palas III ini.

Menurutnya, Pemerintah Kota Semarang sangat mendukung gelaran Palas III di Historic Building Lawang Sewu ini. “Kegiatan ini rutin dilaksanakan, namun kemarin karena pandemi Covid-19 sempat berhenti. Dan pada akhir tahun 2022 ini berjalan lagi,” kata Wing.

Menurut Wing, kegiatan ini sangat mendukung upaya pemerintah kota dalam mengangkat sektor pariwisata dan sekaligus memberikan kesempatan kepada UMKM untuk berkarya dan memasarkan produknya. “Lawang Sewu ini juga menjadi salah satu tujuan wisata dari mancanegara,” tukasnya.

Wing berharap tahun depan gelaran Pesona Lawang Sewu bisa digelar dan dikemas bersama-sama agar lebih wow lagi, serta berjalan rutin.

Ning Suparningsih