blank
Petugas Damkar Pemkab Wonogiri, Jumat (18/11), menangkap dua ular yang memangsa ayam di Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Selogiri. Dalam 10,5 bulan terakhir ini telah menangkap sebanyak 33 ular.(Dok.Damkar Wonogiri)
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri, Jumat (18/11), menangkap dua ular di Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Selogiri. Penangkapan dilakukan atas permintaan warga, karena memangsa ayam piaraan warga.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa, menyatakan, penangkapan pertama dilakukan oleh petugas Regu II Pos Damkar di Kecamatan Baturetno Wonogiri.

Penangkapan berlangsung Jumat dinihari (18/11) Pukul 01.40, di lokasi kandang ayam milik Triyono di Dusun Duwet Kidul RT 2/RW XV, Desa Baturetno, Kecamatan Baturetno. ”Lokasinya berada di sebelah timur rumah kediaman Bapak Wakil Bupati Wonogiri, Setyo Sukarno,” jelas Joko Santosa.

Pemilik kandang ayam, Triyono, meminta bantuan Petugas Damkar karena takut. Demikian pula para tetangga yang datang ingin memberikan pertolongan, juga tidak berani menangkapnya. Pada hal ular tersebut telah membunuh dua ekor ayam.

Ular itu jenis Sowo Kembang (Malayopython reticulatus) memiliki panjang 3 Meter (M). Ular ini juga dinamai Ular Python, Sanca Kembang, Sanca Timur atau Sanca Batik, dan masuk dalam suku Pythonidae.

Sementara itu penangkapan di Kecamatan Selogiri, Wonogiri, berlangsung Pukul 06.45, Jumat (18/11) oleh Regu Damkar Wonogiri pimpinan Tri Budi. Lokasinya di kandang ayam milik Sriyono di Dusun Kalikatir RT 1/ RW I, Desa Nambangan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Dalam posisi telah melilit seekor ayam.

”Jenisnya juga Sawa Kembang dan panjangnya tiga meter,” jelas Kepala UPTD Damkar Pemkab Wonogiri, Joko Santosa. Selanjutnya dua ular yang ditangkap di Baturetno dan Selogiri tersebut, dilepasliarkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk.

Bambang Pur