blank
Sekretaris Dinas Perhubungan Jateng, Syurya Deta Syafrie (kedua dari kanan), menerima penghargaan Railway Safety Awards 2022, di Hotel The ZHM Premier, Padang, Sumbar. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyabet Juara I Railway Safety Awards 2022. Ajang ini merupakan apresiasi dari Kementerian Perhubungan, bagi daerah yang ikut serta dalam pengamanan perlintasan sebidang perjalanan kereta api.

Penghargaan bertitel Abunawa Tama Sakatha Nirmala (Anugerah Utama Perkeretaapian yang Berkeselamatan) itu, diberikan langsung Direktur Keselamatan Perkeretaapian Edi Nursalam, Rabu (16/11/2022). Sekretaris Dinas Perhubungan Jateng, Syurya Deta Syafrie, menerima penghargaan itu secara langsung, di Hotel The ZHM Premier, Padang, Sumatera Barat.

Menurut Syurya, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi dari kinerja Pemprov Jateng. Dia mengatakan, Dishub Jateng senantiasa mengimplementasikan upaya menjaga keselamatan warga, yang berada di sekitar perlintasan sebidang kereta api.

BACA JUGA: UKM KSSE USM Tebar Kemanusiaan di Panti Asuhan Darul Hikam

Hal itu diwujudkan, dengan turut serta melengkapi perlintasan sebidang kereta api, dengan sarana keselamatan, rambu dan Early Warning System (EWS) dan petugas jaga.

”Hingga saat ini kita sudah ada 20 petugas jaga lintasan, dengan 25 titik perlintasan yang ada di jalan provinsi, di mana 24 di antaranya sudah berpalang pintu,” ungkapnya, melalui sambungan telepon.

Syurya menyebutkan, ajang Railway Safety Awards ini, adalah gelaran yang perdana. Pada even itu, Jateng berada pada posisi teratas, tempat kedua adalah Provinsi Banten dan Jawa Timur ada di posisi ketiga.

blank
Foto: hms

BACA JUGA: UKM Fokus USM Ambil Bagian dalam CyanoArt Creative

Sementara itu, Kabupaten Kendal meraih tempat kedua, pada Railway Safety Awards 2022 Kategori Kabupaten/Kota.

Terkait petugas jaga lintasan, Pemprov Jateng melalui Dishub, senantiasa melakukan evaluasi. Selain itu, dinas juga senantiasa memasilitasi jika para petugas memerlukan perpanjangan sertifikasi.

Lain daripada itu, upaya Pemprov Jateng untuk menjaga keselamatan warga dan melancarkan perjalanan kereta api, diwujudkan dengan pembuatan Fly Over.

BACA JUGA: Gubernur Ganjar Berikan Pesan Khusus untuk KNPI Jawa Tengah yang Dilantik Hari Ini

”Untuk petugas, honor dari kita, rekruitmen dari kita, hingga evaluasi dan perpanjangan sertifikasi. Upaya yang lain, dengan pembangunan Fly Over. FO Ganefo yang sudah selesai, akan disusul di Kroya, Kabupaten Cilacap dan di Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Kedua FO itu menggunakan dana APBN. Kalau Underpass sudah ada di Solo dan Purwokerto,” urainya.

Dia juga berharap, agar penghargaan ini menjadi pelecut untuk dapat berkarya lebih baik lagi, dan tetap fokus dalam bekerja.

”Kami juga terus mendorong ke Pemerintah Pusat, agar hal ini dapat dijadikan sebagai layanan dasar, guna masyarakat bisa mendapat pelayanan optimal,” pungkas Syurya.

Riyan