blank
Hafidz Muksin menggunting pita, didampingi Ganjar Harimansyah, menandai penggunaan kantor baru BBPJT di Ungaran. Foto: bbpjt

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Hafidz Muksin SSos MSi, meresmikan kantor baru Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), di Jalan Diponegoro Nomor 250, Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Semula BBPJT berkantor di Jalan Elang Raya Nomor 1, Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Usai peresmian yang berlangsung Senin (14/11/2022), Hafidz menyampaikan, transformasi reformasi birokrasi dilaksanakan dalam rangka mewujudkan birokrasi yang baik, bersih, dan bermanfaat. Dinamika transformasi reformasi birokrasi ini akan terus dilakukan.

”Inilah yang melandasi kita untuk bergerak maju. Tanpa perubahan, tanpa pergerakan maka tidak ada fungsi kehidupan kita,” ujar Hafidz.

BACA JUGA: Ruas Jalan Jalur Poros Kledung-Ploso di Bandar Pacitan Perlu Perbaikan

Dijelaskan dia, ada hikmah dalam perpindahan kantor ini. Diibaratkan, situasi ini meneladani momen sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW, melalui hijrah dari Makkah ke Madinah. Tentu banyak nilai penting yang bisa diambil dari kehidupan proses hijrah itu.

”Persaudaraan dan pengutamaan layanan kepada masyarakat, menjadi nilai penting yang bisa kita adopsi, untuk diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” terang dia.

Kepindahan kantor juga harus bermanfaat sebesar-besarnya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya kepada masyarakat. Indikator keberhasilannya adalah, saat masyarakat bisa merasakan dampak yang diberikan.

BACA JUGA: Kebidanan Unissula Bentuk Posyandu Lansia

blank
Hafidz saat memberikan sambutannya, usai meresmikan kantor baru BBPJT. Foto: bbpjt

”Rasul pernah menyampaikan, yang paling utama adalah pelayanan kepada umat. Tidak boleh ada rasa untuk mementingkan kepentingan pribadi. Fasilitas yang ada harus diorientasikan untuk kebermanfaatan bagi publik,” tutur Hafidz.

Sementara itu, Kepala BBPJT, Dr Ganjar Harimansyah, menyatakan, perubahan adalah sebuah proses yang akan terus dihadapi. Pindah kantor ini merupakan bagian dari transformasi dan reformasi birokrasi, yang ada di Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

”Atas arahan Setjen Kemendikbudristek dan Kepala Badan Bahasa, kami menempati gedung eks-PP PAUD Dikmas, yang tugas fungsi dan lembaganya dilikuidasi ke BBPMP. Semoga kepindahan ke Ungaran ini, dapat memacu kami untuk lebih baik lagi dalam memberi pelayanan kebahasaan dan kesastraan di wilayah Jateng,” ujar Ganjar.

BACA JUGA: Tim Bola Basket Putra Kota Tegal Lolos Pra Porprov

Ganjar berharap, para mitra kerja bisa lebih bersinergi lagi. Para guru, dosen, sastrawan dan komunitas-komunitas literasi atau sastra, bisa bekerja sama dalam menyelenggarakan kegiatan di kantor BBPJT yang baru.

”Di kantor Ungaran ini juga akan disediakan sekretariat Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah, dan sekretariat bersama untuk tempat rapat atau diskusi organisasi kebahasaan dan kesastraan di Jateng. Seperti MLI, Hiski, APPBIPA, HPBI, Asfil, atau PPBD,” terangnya.

Riyan