blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (deret depan kedua dari kiri), datang ke Kecamatan Bandar untuk mengikuti sarasehan bersama para Kades dan Kasun.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ruas jalan di jalur poros Kledung-Poloso, merupakan jalan antar-Kecamatan Bandar dengan Kecamatan Tegalombo di Kabupaten Pacitan. Keberadaan infrastruktur ini, menjadi jalur perekonomian penting dan mendesak untuk diperbaiki.

Usulan perbaikan, disampaikan Kepala Desa (Kades) Kledung, Sigit Susilo Hadi, langsung kepada Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Penyampaian usulan ini berlangsung bersamaan acara kunjungan Bupati Pacitan ke Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan.

”Kami paham jika anggaran yang ada terbatas, namun paling tidak usulan dari kami dapat masuk skala prioritas. Karena berkaitan dengan jalur perekonomian di dua kecamatan, yakni Kecamatan Bandar dan Tegalombo,” usul Kades Kledung, Sigit Susilo Hadi.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji, Selasa (15/11) mengikuti sarasehan sekaligus memberikan pembinaan kepada aparatur pemerintahan desa se-Kecamatan Bandar. Acara ini berlangsung di Gedung Bumdesma Gunung Sewu di Desa Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Pacitan.

Situasi Kondisi

Sebagaimana pernah diberitakan, sebelumnya Bupati Indrata Nur Bayu Aji pernah ngantor di Kecamatan Bandar. Saat itu, Bupati berkeinginan bertemu langsung dengan para Kades dan masyarakat, namun karena keterbatasan waktu itu belum bisa dilaksanakan. ”Dan alhamdulillah hari ini bisa kita laksanakan secara bersama-sama, kata Bupati mengawali acara sarasehan.

Dalam kesempatan tersebut, Mas Aji (panggilan akrab Bupati Pacitan), menyampaikan gambaran tentang situasi kondisi saat ini. Pandemi, katanya, belum sepenuhnya berlalu serta kemampuan anggaran terbatas. Belum lagi, regulasi pusat telah mengatur penggunaan anggaran (DAU/DAK). Ini membuat semua pengguna anggaran harus lebih jeli menetapkan skala prioritas.

Kata Bupati, kondisi ini tentu juga berdampak ke desa. Kecuali, bagi Kabupaten/Kota yang kemandiriannya baik. ”Untuk itu, kita perlu mendorong desa bisa mandiri juga,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, beragam masukan dan usulan disampaikan para Kades dan Kasun yang mewakili wilayahnya masing-masing. Acara yang berlangsung santai tersebut, juga dihadiri Camat Bandar Suwoto dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Heri Setijono.

Bambang Pur