blank
Neymar. (foto: espn.com)

SUARABARU.ID – Pemain depan Brasil Neymar telah mengisyaratkan Piala Dunia di Qatar bisa menjadi yang terakhir dalam karirnya. Neymar, 30 tahun, bermain di dua Piala Dunia terakhir tetapi belum memenangkan gelar utama bersama tim nasional.

“Saya akan bermain seperti ini yang terakhir,” kata Neymar kepada Globo. “Saya berbicara dengan ayah saya, kami selalu berbicara, untuk memainkan setiap pertandingan seolah-olah itu yang terakhir karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi besok.”

“Saya tidak bisa menjamin bahwa saya akan bermain di Piala Dunia lagi. Sejujurnya saya tidak tahu. Saya akan bermain seperti ini yang terakhir. Mungkin saya akan memainkan yang lain, mungkin tidak. Itu tergantung. Pelatih akan ada perubahan, dan saya tidak tahu apakah pelatih itu akan menyukai saya.”

Pelatih Brasil Tite akan mengundurkan diri setelah turnamen di Qatar dan penggantinya belum disebutkan. Canarinha telah memenangkan rekor lima Piala Dunia tetapi belum pernah memenangkan trofi sejak 2002. “Saya sudah membangun sejarah panjang di tim nasional dan, yang pasti, saya ingin menyelesaikannya dengan baik,” tambah Neymar.

Neymar, yang melakukan debutnya bersama tim senior pada usia 18 tahun, terpaut dua gol untuk menyamai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil, Pele. “Ini lebih dari yang saya bayangkan, daripada yang saya impikan,” katanya. “Saya tidak pernah memikirkan angka, saya tidak pernah ingin menyalip siapa pun, memecahkan rekor. Saya selalu hanya ingin bermain sepak bola.

“Pele adalah rujukannya. Pele adalah sepak bola. Pele adalah segalanya bagi negara kita. Rasa hormat dan kekaguman yang saya miliki untuknya sangat besar.”

Brasil belum pernah kalah sejak final Copa America kalah di kandang dari rival bebuyutan Argentina tahun lalu.

Neymar juga menuju ke turnamen dalam bentuk yang bagus dengan 15 gol dan 12 assist dalam 19 penampilan untuk Paris Saint-Germain tetapi mengatakan dia tidak mencari kejayaan individu di Qatar.

“Saya ingin bermain di Piala Dunia ini, mendedikasikan diri saya untuk itu, karena saya yakin kami memiliki potensi untuk melangkah sangat jauh,” tambahnya. “Meskipun banyak orang tidak percaya pada kami, kami akan membuktikan sebaliknya. Saya melihat tim nasional ini memiliki banyak hal bagus, dan saya melihat kami bisa melangkah sangat jauh.”

“Saya senang. Saya suka bermain sepak bola dan saya suka menang. Saya suka menjadi lebih baik dari saya setiap hari. Saya suka membantu rekan satu tim saya, yang merupakan hal utama. Saya harap nama saya terukir dalam sejarah sepakbola.”

Nur Muktiadi