Hari Pahlawan
Usai upacara Hari Pahlawan, dengan memakai baju pahlawan asal Maluku Martha Christina Tiahahu, Kapolres Magelang AKBP Yolanda Evalyn Sebayang memimpin anjangsana ke keluarga pahlawan veteran yang ada di Kota Magelang dengan naik sepeda onthel.Foto: W. Cahyono

 

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Peringatan Hari Pahlawan tingkat Polres Magelang Kota berbeda dengan upacara –upacara biasanya. Perbedaan yang mencolok, yakni seluruh anggota Polres Magelang Kota memakai baju pejuang atau pahlawan.

Pada upacara dilaksanakan di halaman apel Polres Magelang Kota, Kamis (10/11/2022) tersebut, selain diikuti seluruh anggota Polres Magelang Kota juga diikuti perwakilan dari Kodim 0705/Magelang dan anggota dari sejumlah komunitas sepeda kuna .  Yakni, Komunitas Sepeda Tua Indonesia ( Kosti) Magelang dan Velocipede Old Classic ( Komunitas sepeda onthel ) Magelang.

Pada kesempatan itu,  Kapolres Magelang Kota AKBP Yolanda Evalyn Sebayang memakai baju pahlawan asal Maluku, Martha Christina Tiahahu. Sementara itu, Komandan Kodim 0705/Magelang Letkol (Arm) Rochmadi memakai baju Badan Keamanan Rakyat ( BKR).

Pemakaian baju pejuang atau baju pahlawan tersebut bertujuan agar seluruh anggota Polres Magelang Kota untuk menjiwai  dari jasa-jasa  pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI.

“ Harapannya, setiap anggota Polres Magelang Kota  yang  memakai baju pahlawan atau pejuang, bisa menjiwai dari jasa-jasa pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” kata Yolanda.

Ia menambahkan, hampir seluruh anggota Polres Magelang yang berdinas memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti di bagian SIM dan layanan permohonan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)  memakai pejuang atau pahlawan. Namun, khusus anggota Satlantas yang memberikan layanan di jalan, tetap memakai pakaian seragam dinas.

Kegiatan peringatan upacara Hari Pahlawan dengan memakai pakaian ala pejuang dan pahlawan tersebut mendapat apresiasi dari Koordinator Kota Toea Magelang, Bagus Priyana.

“Kami mengapresiasi Polres Magelang Kota dalam peringatan Hari Pahlawan dengan memakai pakaian ala pejuang dan pahlawan,” kata Bagus.

Bagus mengatakan, peringatan Hari Pahlawan yang dilakukan Polres Magelang Kota tersebut bisa menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme bagi kalangan generasi muda.

Usai upacara, Kapolres Magelang Kota didampingi para kasat, kapolsek melaksanakan ajangsana ke tiga anggota veteran yang ada di Kota Magelang. Dengan tetap memakai baju pahlawan , Martha Christina Tiahahu, Kapolres Magelang AKBP Yolanda Evalyn Sebayang memimpin anjangsana tersebut dengan naik sepeda onthel.

Adapun anggota veteran yang dikunjungi,yakni Sudarsono yang tinggal di Kampung Jambon, Kelurahan Cacaban, Kecamatan Magelang Tengah (anggota  Veteran  Pejuang Kemerdekaan RI golongan  A. Kemudian, Saryanto  anggota anggota  Veteran Seroja yang tinggal di Kampung Tulung, Kelurahan Magelang, Kecamatan Magelang  Tengah dan Ibu Soedibyo, anggota Tentara Pelajar yang tinggal di Kelurahan Wates, Kecamatan Magelang Utara. W. Cahyono