blank
Fakta menarik seputar tanaman! Banyak dicari. 4 pohon penghasil emas, buruan gali

suarabaru.id – Tanaman penghasil emas bukan hal yang baru lagi untuk di perbincangkan. Namun ternyata masih banyak dari orang-orang yang belum mengetahui tanaman emas.

beberapa diantaranya tumbuh di tanah Indonesia? Tentu ini memunculkan pertanyaan pada benak publik, terkait apa saja tanaman penghasil emas yang ada di dunia ini.

tanaman penghasil emas yang telah kami rangkum dari berbagai sumber. Simak penjelasannya sampai akhir.

daftar 1. Pohon Kayu Putih

Tanaman penghasil emas di urutan pertama ialah Pohon Kayu Putih. Siapa sangka jika daun pada pohon kayu putih tersebut mengandung partikel-partikel emas di dalamnya.

Tak hanya ada di dalam daun saja, pasalnya partikel emas tersebut juga terkandung pada ranting dari pohon kayu putih.

Hal ini telah dibuktikan oleh para peneliti dari Australia, Mereka juga menjelaskan jika ingin membuat cincin emas maka Anda harus memerlukan 500 pohon kayu putih.

2. Daun Pandan

Siapa yang tahu dengan jenis tanaman yang satu ini? Tanaman yang sering digunakan untuk penyedap makanan ini ternyata terdapat kandungan emas di didalamnya.

Penelitian menyebutkan bahwa dalam daun pandan ternyata memiliki kandungan emas, bahkan hingga berlian.

Namun jenis daun pandan yang memiliki kandungan emas hanya ada pada jenis tertentu saja seperti Pandanus Candelabrum atau yang kerap disebut dengan pandan lili. Tanam tersebut banyak tumbuh di daerah Afrika.

3. Kantong Monyet

Tanaman penghasil emas lainya yaitu Kantong monyet. Kelebihan dari tanaman ini yakni mampu menyerap logam berat di dalam tanah seperti emas. Tanaman kantong monyet ini banyak tumbuh liar di daerah Riau.

4. Jarak pagar

Jarak pagar diketahui dapat menghasilkan butiran emas murni. Hal ini dikonfirmasi oleh peneliti dari Institut Pertanian Bogor. Pohon jarak pagar cenderung tumbuh subur di area yang mengandung logam tinggi.

Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB University) membuktikan, bahwa ada pohon emas yang tumbuh di Indonesia. Pohon tersebut terutama tumbuh di daerah yang tanahnya mengandung logam tinggi.

Jarak pagar menyerap logam dengan cara yang disebut hiperakumulator, yang tak hanya dapat menyerap emas namun juga perak, platinum, dan nikel.

Itu tadi setidaknya 4 tanaman yang dapat menghasilkan emas. Terjawab sudah bukan pertanyaan apa saja tanaman penghasil emas yang ada di dunia.