Sergio Ramos. (foto: espn.com)

SUARABARU.ID – Pelatih kepala Real Madrid Carlo Ancelotti telah mendesak Spanyol untuk memasukkan mantan kaptennya Sergio Ramos ke dalam skuad Piala Dunia mereka.

Ramos (36) dalam kondisi bagus untuk Paris Saint-Germain di musim keduanya di klub setelah bergabung dari Madrid pada Agustus 2021. “Tanpa ragu dia harus pergi ke Piala Dunia karena kualitas yang dia miliki,” kata Ancelotti kepada wartawan setelah Madrid menang 5-1 atas Celtic di Liga Champions. “Dia adalah salah satu bek tengah terbaik di dunia.”

Ramos mengalami musim pertama yang dilanda cedera dengan juara Prancis tetapi telah membuat 18 penampilan di semua kompetisi musim ini. “Tahun lalu sulit karena saya memiliki banyak masalah, serta harus beradaptasi dengan klub lain setelah hampir seumur hidup di Real Madrid,” kata Ramos pada Selasa sebelum kemenangan PSG atas Juventus di Liga Champions.

“Sepanjang karir saya, saya telah terluka sangat sedikit. Saya tidak pernah berpikir itu adalah akhir. Ada tantangan yang diberikan hidup kepada kita, dan jika ada sesuatu yang memberi makna pada cara hidup saya, itu adalah usaha, kepribadian dan ketekunan Saya merasa baik lagi. Saya siap tetapi pada akhirnya itu tidak tergantung pada saya tetapi pada (pelatih Spanyol) Luis Enrique, yang sangat saya hormati.”

Ramos tidak tampil untuk Spanyol sejak Maret 2021 tetapi awal musim ini, Luis Enrique membiarkan pintu terbuka bagi bek untuk kembali ke tim nasional. Berbicara tentang penyerang Ramos dan Celta Vigo Iago Aspas, Luis Enrique mengatakan: “Para pemain ini telah berada di tim nasional dan dapat kembali ke skuad sepanjang waktu. Tidak ada keraguan.”

Ramos berharap penampilan bagusnya di PSG akan memberinya tempat di skuad Piala Dunia Luis Enrique. “Saya punya semangat untuk kembali ke timnas dan bermain di Piala Dunia ini,” ujarnya. “Semoga saya bisa berada di Qatar.”

Ramos adalah pemain kunci dalam membantu Spanyol memenangkan tiga turnamen internasional berturut-turut – Piala Dunia 2010 dan Euro 2008 dan 2012. Dia adalah pemain dengan penampilan terbanyak di Spanyol dengan 180 penampilan dan telah mencetak 23 gol bersama La Roja.

Nur Muktiadi