blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum (kiri) Dr. Ruth Tacneng dari LAPE University of Limoges, Prancis (Tengah) dan Co-Director Lab for Entrepreneurship and Development (LEAD)Center for Rusian and Eurasian Studis Harwavard University Amerika Prof. Bruno S. Sergi Davis(Kanan) berfoto bersama di Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, Selasa (1/11). Foto: HumasUNS

SURAKARTA(SUARABARU.ID) Harvard University, Amerika dan LAPE  University of Limoges, Prancis, memperbaharui kerjasama di bidang penelitian dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Kepastian pembaharuan kerjasama  ditandai dengan kunjungan Co-Director Lab for Entrepreneurship and Development (LEAD)Center for Rusian and Eurasian Studis Harwavard University Amerika Prof. Bruno S. Sergi Davis dan Dr. Ruth Tacneng dari LAPE University of Limoges, Prancis ke UNS yang diterima Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho di Gedung Rektorat dr. Prakosa UNS, Selasa (1/11/2022).

Co-Director Lab for Entrepreneurship and Development (LEAD) Prof. Bruno S. Sergi Davis dari Center for Rusian and Eurasian Studies, Harvard University, Amerika dalam penjelasannya mengatakan, kunjungan ke UNS dalam rangka penelitian kerja sama dengan tim dari Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH) Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Juga dalam rangka pembaharuan memorandum of agreement antara LEAD dengan Pusat Unggulan Iptek (PUI) Center for Fintech and Banking UNS.

Kerja sama antara Harvard University  dengan UNS  sudah menghasilkan berbagai publikasi ilmiah di jurnal top tier di bidang ekonomi dan keuangan. Salah satunya di Economic Modelling dan Research in International Business and Finance yang diterbitkan Elsevier, jelasnya.

Sementara itu, Dr. Ruth Tacneng dari LAPE University of Limoges, Prancis berkunjung ke UNS dengan pembiayaan dari hibah Partenariat Hubert Curien (PHC) Nusantara. Proyek PHC Nusantara merupakan pendanaan dari pemerintah Prancis.

University of Limoges dan UNS sendiri juga memperoleh hibah PHC Nusantara untuk tahun 2020-2022. Kerja sama antara LAPE University of Limoges  denganb UNS berkaitan dengan dengan PUI Center for Fintech and Banking setempat.

Kerja sama antara University of Limoges, dengan UNS  sangat erat sejak 2010. Kerja sama berlangsung  dalam riset kolaborasi, exchange, studi lanjut bagi dosen, dan mahasiswa UNS serta penyelenggaraan event bersama.

Selain itu, kedua institusi juga bekerja sama dalam memperoleh dan mengorganisasi hibah Erasmus+ CBHE dari European Commission pada tahun 2017—2021.

Rektor UNS Prof. Jamal Wiwohodalam kata sambutannya  mengatakan Prof. Sergi dan Dr. Tacneng merupakan “friend of UNS”.

Diharapkan Prof. Sergi dan Dr. Tacneng dapat menjadi ambassador bagi UNS di komunitas akademik global untuk mendorong akselerasi reputasi akademik Universitas Sebelas Maret Surakarta di tingkat internasional.

Selain itu, kerja sama yang lebih intensif dan ekstensif dengan UNS akan terus dilanjutkan pada waktu yang akan datang.

Bagus Adji